Tuesday, 29 May 2018

Fungsi Delimited Pada Text To Columns di Excel

Salah satu persoalan yang dihadapi ketika mengolah data dengan aplikasi ms.excel adalah memecah string teks atau kata menjadi beberapa bagian.
Berikut ini adalah cara memecah strings teks menjadi beberapa bagian dengan menggunakan opsi delimited pada tools text to columns.

Fungsi Delimited Saat Menggunakan Tools Text To Columns


Cara untuk memisahkan suatu strings teks dengan opsi delimited pada text to columns ini adalah dengan menentukan tanda (simbol) yang akan digunakan untuk memisahkan strings teks tersebut.Beberapa tanda (simbol) yang dapat digunakan antara lain :

  • Tab untuk memisahkan data berdasarkan tab () yang ada pada strings teks.
  • Semicolon untuk memisahkan data berdasarkan tanda titik koma (;) pada string teks.
  • Comma untuk memisahkan data berdasarkan tanda koma (,) pada string teks.
  • Space untuk memisahkan data berdasarkan tanda spasi ( ) pada string teks.
  • Other untuk memisahkan data berdasarkan tanda lainnya seperti (/).
Contoh penggunaan tools text to columns ini dengan menggunakan opsi delimited ini akan menggunakan contoh data pada gambar delimited 1 dibawah ini.
Dari kolom yang ada tersebut kita akan memecah strings teks pada kolom A (sales number) berdasarkan simbol " /".

Dengan menggunakan opsi delimited ini, tanda (simbol) yang digunakan untuk pemecahan data, tidak akan terdapat pada kolom-kolom data baru hasil pemecahan tersebut atau dengan kata lain simbol yang digunakan akan dihilangkan pada hasil data.
Untuk memulai pemisahan data tersebut, sobat bisa lakukan blok pada kolom A yang akan dipecah string teksnya (sel A2:A7)
Kemudian dari menu bar, sobat pilih data lalu text to colums pada data toolsbar (kelompok data tools).
fungsi delimited pada text to columns
Delimited 1
Jika tools text to columns sudah di klik berikutnya akan muncul form convert text to column wizard yang terdiri dari 3 langkah.
  • Langkah pertama sobat pilih delimited pada choose the file type, selanjutnya klik pada tombol next untuk menuju wizard bagian ke 2.
  • Pada langkah kedua (step 2) pilih salah satu atau lebih opsi yang akan digunakan pada opsi delimiters. 
    • Pada contoh ini kita akan menggunakan tanda "/". Karena pilihan "/" tidak ada maka centang pada opsi other lalu ketikkan "/" pada input button di sebelahkan other seperti pada contoh gambar delimited 2 dibawah ini kemudian tekan tombol next 
    • cara menggunakan text to coloum pada microsoft excel
      Delimited 2
  • Langkah ketiga adalah dengan memilih atau membuat format kolom data pada sel ketika nanti dipisah, disini ada beberapa pilihan antara lain
    • General untuk format kolom general.
    • Text untuk format kolom teks.
    • Date untuk format kolom tanggal.
    • Do not import column (skip) untuk membiarkan format kolom sebelumnya.
      fungsi text to column pada excel
      Delimited 3

Hasil Text to Column Dengan Delimited


Selanjutnya dengan menekan tombol finish maka cara memisahkan teks atau kolom dengan menggunakan text to columns sudah selesai dan hasilnya terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
Penempatan hasil data yang baru bisa diisi pada destination (sel yang diisi merupakan kolom pertama yang akan ditempatkan).

Apabila sel pada destination tidak diisi, maka hasil pemecahan strings teks akan menimpa kolom sumber datanya sebagai kolom pertama kemudian kolom disebelah kanannya sebagai kolom kedua dan begitu seterusnya.Terlihat pada gambar bahwa bagian pertama dari string teks ada pada kolom A, bagian kedua ada pada kolom B dan menimpa kolom B (kode barang) yang sebelumnya, dan bagian ketiga ada pada kolom C dan menimpa kolom C (jumlah) yang sebelumnya.
cara menggunakan text to column pada excel
Gambar Delimited 4

Kesimpulan


Tolls text to columns ini bisa digunakan asalkan sumber data yang akan dipecah terdapat tanda atau simbol yang didukung penggunaannya.
Apabila pada suatu data yang akan dipecah tidak terdapat simbol maupun tanda, sobat bisa menggunakan alternatif opsi fixed width untuk memisahkan datanya.


Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon