Monday, 21 May 2018

Fungsi Sumproduct di Excel

Fungsi sumproduct merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk mengalikan komponen-komponen di dalam array dan mengembalikan jumlah dari perkalian tersebut.

Sintaks Fungsi Sumproduct Di Excel

SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], ...) 
  • Array adalah komponen-komponen yang akan dikalikan lalu dijumlahkan.

Manfaat Penggunaan Fungsi Sumproduct


Penggunaan fungsi sumproduct ini akan memberikan kemudahan dalam mengalikan suatu nilai jika header pada suatu data berbentuk nilai.

Misalkan suatu contoh data penjualan tersaji seperti pada gambar fungsi sumproduct 1 dibawah ini dengan harga jual masing-masing produk adalah sebagai berikut :
  • Produk 1 misalnya mempunyai harga jual 10.000 per 1 Item.
  • Produk 2 misalnya mempunyai harga jual 20.000 per 1 Item.
  • Produk 3 misalnya mempunyai harga jual 30.000 per 1 Item.

fungsi sumproduct di excel
Fungsi Sumproduct 1

Untuk mendapatkan total penjualan biasanya kita akan menggunakan rumus formula pada kolom C sebagai berikut (contoh pada sel C3)

=B3*10000+C3*20000+D3*30000

Rumus formula tersebut akan (mengalikan jumlah penjualan produk 1 pada cell B3 dengen 10.000) ditambah (mengalikan jumlah penjualan produk 2 pada cell C3 dengen 20.000) ditambah (mengalikan jumlah penjualan produk 3 pada cell D3 dengen 30.000). 

Kekurangan dari penggunaan cara diatas adalah semakin banyak jumlah produk yang dijual, maka akan semakin banyak jumlah perkalian yang akan dibuat.

Dengan semakin banyaknya rumus perkalian akan memungkinkan terjadinya kesalahan perhitungan. Untuk mengganti formula ini kita bisa menggunakan fungsi sumproduct.

Dengan menggunakan fungsi sumproduct, kita bisa mengalikan nilai-nilai pada array tersebut. Contoh penggunaan fungsi sumproduct ini, sobat bisa perhatikan pada gambar sumproduct 2 dibawah ini.
fungsi sumproduct di excel
Fungsi Sumproduct 2
Berikut penjelasan dari fungsi sumproduct gambar diatas contoh cell E3 :
  • Array 1 (B2:D2) : Komponen yang akan dikalikan dengan masing-masing array pada penjualan masing-masing tanggal.
  • Array 2 (B3:D#) : array penjualan untuk tanggal 1 yang akan dikalikan dengan array 1.
  • Perkalian array tersebut akan menghasilkan nilai 220 karena pada array 1 harga untuk masing-masing produk adalah perseribu, maka untuk mendapatkan nilai total penjualan sebenarnya hasil dari perkalian array dikalikan dengan 1000.

Kesimpulan


Dengan melihat hasil dari penggunaan kedua simulasi diatas adalah sama, maka penggunaan fungsi sumproduct ini bisa mengurangi kemungkinan kesalahan dalam membuat rumus menggunakan perkalian.


Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon