Saturday, 19 May 2018

Insert Shift Cell di Excel

Insert merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk menambah / menyisipkan sel baru pada sebuah data.
Pada insert cells, beberapa opsi yang tersedia adalah entire dan shift cells. Berikut contoh dan simulasi insert cells menggunakan shift cells right dan shift cells down.

1. Insert Shift Cells Right Di Excel


Insert shift cells right merupakan opsi yang digunakan untuk menyisipkan sel dengan menggeser sel / rentang sel ke sebelah kanan pada posisi yang disisipkan.

Cara Menggunakan Shift Cells Right


Contoh cara menyisipkan sel dengan menggeser ke kanan dapat dilihat pada gambar shift cells right 1 dibawah ini.Pada contoh ini akan dilakukan insert cells pada sel D6 yang diwarnai kuning. Sedangkan hasil setelah dilakukan insert shift cells right dapat dilihat pada gambar shift cells right 2.
Cara Insert Shift Cell Right di Excel
Shift Cells Right 1
Cara Insert Shift Cell Right di microsoft office Excel
Shift Cells Right 2
Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk untuk menambah sel menggunakan pilihan menggeser ke kanan (shift cells right)
  • Cara yang pertama adalah dengan mengarahkan cursor atau pointer mouse ke posisi sel yang akan ditambahkan (pada contoh gambar 1 diatas adalah sel D6), jika cursor sudah berada pada sel D6 maka klik kanan pada mouse lalu klik pada insert maka akan muncul form opsi yang terdapat pada insert, disini sobat pilih shift cells right lalu tekan tombol OK. 
  • Cara yang kedua adalah dengan menggunakan shortcut (Alt+I,E,I). penggunaan cara ini yaitu dengan menekan tombol Alt dan tombol I secara bersamaan pada sel yang ingin ditambahkan kemudian menekan tombol E lalu tombol I dan enter.
  • Cara yang ketiga adalah menggunakan tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanan pada mouse, jadi dengan menggunakan cara ini maka shortkey yang digunakan pada sel yang akan dihapus adalah (Shift+F10,I,I,Enter).

2. Insert Shift Cells Down Di Excel


Insert shift cells down ini memiliki fungsi yang sama dengan insert shift cells right diatas, hanya saja pada insert ini logikanya akan menyisipkan satu atau lebih cell dan akan menggeser cell disebelah dibawahnya ke bawah. 

Cara Menggunakan Shift Cells Down


Untuk contoh menambah sel dengan menggunakan shift cells down ini akan digunakan gambar shift cells down 1 sebagai data awal yang akan dilakukan insert.Sedangkan gambar shift cells down 2 sebagai hasil dari penggunaan shift cells down.
Fungsi Insert Shift Cell Down di Excel
Shift Cells Down 1
Fungsi Insert Shift Cell Down di Excel
Shift Cells Down 2


Dari contoh gambar diatas, beberapa cara berikut ini bisa digunakan untuk menambah sel menggunakan pilihan opsi menggeser ke kebawah (shift cells down) :
  • Cara yang pertama adalah dengan mengarahkan cursor atau pointer mouse ke posisi sel yang akan ditambahkan (pada contoh gambar 1 diatas adalah sel D7:H7) jika sel yang akan ditambahkan lebih dari satu maka blok pada rentang sel yang akan ditambahkan (D7:H&) kemudian klik kanan pada mouse lalu klik pada insert maka akan muncul form opsi yang terdapat pada insert, disini sobat excel pilih shift cells down lalu tekan tombol OK. 
  • Cara yang kedua adalah dengan menggunakan shortcut (Alt+I,E,D). penggunaan cara ini yaitu dengan menekan tombol Alt dan tombol I secara bersamaan pada sel yang ingin ditambahkan kemudian menekan tombol E lalu tombol D dan enter.
  • Cara yang ketiga adalah menggunakan tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanan pada mouse, jadi dengan menggunakan cara ini maka shortkey yang digunakan pada sel yang akan dihapus adalah (Shift+F10,I,D,Enter).

Kesimpulan


Karena penggunaan opsi ini akan mengubah posisi data sebelum digeser, maka penggunaan ini harus dilakukan dengan tepat dan benar, jika tidak maka hasil data secara keseluruhan bisa menjadi tidak sesuai atau salah.
 
Mungkin Yang Anda Cari:
 
 


EmoticonEmoticon