Saturday, 19 May 2018

Delete Entire Row & Column di Excel

Delete entire merupakan sebuah cara untuk menghapus suatu data dalam satu rentang data baik baris maupun kolom.
Berikut adalah contoh dan fungsi delete menggunakan opsi entire row dan entire columns pada aplikasi ms.excel

1. Delete Entire Row


Pemilihan atau penggunaan opsi entire row pada saat menghapus data di excel merupakan menghapus satu atau lebih baris dari ujung kiri sampai ujung kanan.
Dengan memilih opsi entire row ini maka pada saat melakukan penghapusan data, semua data yang ada pada baris / rentang baris yang dipilih akan dihapus.
Kelebihan dari delete entire row ini adalah dapat menghapus rentetan data dalam suatu baris jika sudah tidak digunakan lagi daripada harus menghapus satu persatu isi dari sel pada baris tersebut.

Cara Menggunakan Delete Entire Row


Untuk melakukan delete atau menghapus baris dengan entire row ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu :
  • Cara yang pertama adalah dengan mengarahkan pointer mouse ke sisi kiri dan klik kanan pada angka 8 kemudian klik kanan dengan mouse lalu pilih delete, maka baris 8 yang diwarnai kuning akan terhapus (contoh pada gambar delete entire row 1).
  • Cara yang kedua : sobat excel bisa mengarahkan kursor pada salah satu kolom pada baris 8 (yang berwarna kuning) kemudian klik kanan pilih delete maka akan muncul form delete seperti pada gambar delete entire row 1 dibawah ini.
  • Cara yang ketiga : pilih salah satu kolom pada baris 8 kemudian sobat excel bisa menggunakan shortcut / shortkey (Alt+E,D,R,Enter)
  • Cara yang keempat : sobat excel bisa menggunakan tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanak pada mouse, sehingga bisa dijadikan shortcut dengan menekan tombol (Shift+F10,D,R,Enter)
fungsi entire column
Delete Entire Row 1
fungsi entire column di microsoft office excel
Delete Entire Row 2

Dengan menggunakan salah satu cara diatas tadi maka hasilnya seperti yang terlihat pada gambar delete entire row 2.Pada gambar terlihat data sebelumnya pada baris 8 akan hilang (dihapus) dan data dibawahnya yang diwarnai kuning naik keatas mengisi data yang di dihapus sebelumnya.

2. Delete Entire Columns Pada Excel


Pemilihan atau penggunaan opsi entire column ini hampir sama dengan cara delete menggunakan entire row. Hanya saja pada opsi ini, penghapusan data dilakukan pada kolom dari ujung atas sampai ujung bawah.Penggunaan opsi ini akan dapat menghapus suatu data atau sekelompok data yang sudah tidak digunakan dalam data bentuk vertical.

Cara Menggunakan Delete Entire Columns


Pada contoh delete entire column ini, kita akan menggunakan contoh 2 kolom untuk dihapus menggunakan, misalnya kita akan menghapus kolom B (Tanggal) dan kolom E (Nama Barang) yang diwarnai kuning pada contoh gambar delete entire columns 1.

Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus kolom menggunakan delete entire column
  • Cara yang pertama adalah dengan mengarahkan pointer mouse ke sisi atas kemudian klik pada huruf B lalu tekan tombol ctrl pada keyboard dan klik dengan mouse pada huruf E lalu klik kanan pilih delete maka kolom B dan kolom E akan terhapus (contoh pada gambar delete entire columns 1).
  • Cara yang kedua : sobat excel bisa mengarahkan kursor pada salah satu baris pada kolom B (yang berwarna kuning) kemudian klik kanan pilih delete maka akan muncul form delete seperti pada gambar delete entire columns 1 dibawah.
  • Cara yang ketiga : pilih salah satu baris pada kolom B atau kolom E kemudian sobat excel bisa menggunakan shortcut / shortkey (Alt+E,D,C,Enter)
  • Cara yang keempat : sobat excel bisa menggunakan tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanak pada mouse, sehingga bisa dijadikan shortcut dengan menekan tombol (Shift+F10,D,C,Enter).
Delete Entire Column
Delete Entire Columns 1
Delete Entire Column
Delete Entire Columns 2
Dengan menggunakan salah satu cara diatas tadi maka hasilnya seperti yang terlihat pada gambar delete entire column 2.
Pada gambar terlihat data sebelumnya yaitu kolom tanggal dan kolom nama barang setelah dilakukan delete column menjadi hilang dan digeser oleh kolom yang sebelumnya ada di sebelah kanan masing-masing kolom tersebut.

Kesimpulan


Penggunaan pilihan entire row dan entire columns ini dapat dilakukan jika sobat excel ingin data dihapus pada satu baris ataupun kolom.


EmoticonEmoticon