Saturday, 19 May 2018

Delete Shift Cell di Excel

Delete merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk menghapus nilai / isi pada suatu sel / rentang sel.Pada saat melakukan delete, terdapat opsi (pilihan) shift cells yang dapat digunakan untuk menggeser sel yang berkaitan dengan sel yang dihapus.
Opsi shift cells yang terdapat pada delete ini adalah shift cells left dan shift cells up. Berikut contoh dan fungsi dari shift cells left dan shift cells up pada delete di excel.

1. Delete Shift Cells Left Di Excel


Delete shift cells left ini akan akan menghapus data serta menggeser sel atau rentang sel disebelah kanannya ke sebelah kiri.
Dengan menggunakan opsi ini semua rentetan data yang ada disebelah kanan bergeser ke kiri mengisi posisi yang ditinggalkan sebelumnya.

Cara Menggunakan Shift Cells Left pada Excel


Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk delete / menghapus data dengan opsi menggeser ke kiri, antara lain :
  1. Cara yang pertama adalah dengan mengarahkan cursor atau pointer mouse kepada data yang ingin dihapus (contohnya adalah sel D10 pada gambar delete shift left cells 1 dibawah), dari sel D10 kemudian klik kanan dengan menggunakan mouse lalu pilih delete, dari form delete sobat excel pilih shift cells left (pilihan paling atas) kemudian klik tombol OK. Hasil dari delete ini bisa dilihat pada contoh gambar delete Shift cells left 2 dimana data yang berwarna kuning merupakan data yang bergeser ke kiri karena penghapusan data pada sel D10.
  2. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan shortcut (Alt+E,D,L). penggunaan cara ini yaitu dengan menekan tombol Alt dan tombol E secara bersamaan pada sel yang ingin dihapus datanya kemudian menekan tombol D lalu tombol L dan enter. Dengan menggunakan cara ini apabila dilakukan pada sel D10 pada contoh gambar dibawah akan menghasilkan hasil yang sama dengan cara yang pertama tadi.
  3. Cara yang ketiga adalah menggunakan tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanan pada mouse, jadi dengan menggunakan cara ini maka shortkey yang digunakan pada sel yang akan dihapus adalah (Shift+F10,D,L,Enter). 

Berikut merupakan contoh hasil penghapusan data dengan menggunakan opsi shift cells left. Gambar delete shift cells left 1 adalah contoh data sebelum dilakukan penghapusan, sedangkan gambar delete shift cells left 2 merupakan contoh data setelah dilakukan penghapusan data

fungsi delete shift cell left
Delete Shift Cells Left 1
Delete Shift Cell Left
Delete Shift Cells Left 2

2. Delete Shift Cells Up Di Excel


Delete dengan opsi ini akan menghapus data serta menggeser sel atau array dibawahnya kebagian atas mengisi data yang dihapus.Dengan menggunakan opsi ini semua rentetan data yang ada dibawah data yang dihapus akan bergeser ke atas mengisi posisi yang ditinggalkan sebelumnya

Cara Menggunakan Shift Cells Up Pada delete


Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus data dengan pilihan menggeser ke atas / delete shift cells up, antara lain :
  1. Cara yang pertama adalah dengan memblok data yang akan dihapus (contoh pada gambar delete shift cells up 1 adalah array D9:H9 yang berwarna kuning), jika data sudah di blok maka klik kanan dengan mouse kemudian pilih delete dan pada opsi di form delete sobat excel pilih shift cells up kemudian klik tombol OK. Setelah dilakukan penghapusan maka hasilnya bisa dilihat pada gambar delete shift cells up 2.
  2. Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan shortcut (Alt+E,D,U). penggunaan cara ini yaitu dengan menekan tombol Alt dan tombol E secara bersamaan pada sel yang akan dihapus (contoh adalah D9:H9 pada contoh gambar diatas) kemudian menekan tombol D lalu tombol U dan enter.
  3. Cara yang ketiga adalah menggunakan tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanan pada mouse, jadi dengan menggunakan cara ini maka shortcut yang digunakan pada sel yang akan dihapus adalah (Shift+F10,D,U,Enter). Pada gambar delete shift cells up 2 terlihat cell D9:H9 yang dilakukan delete data sebelumnya menjadi hilang dan diganti dengan data dibawahnya yang bergeser ke atas seperti yang terlihat berwarna kuning.

Berikut merupakan contoh hasil penghapusan data dengan menggunakan opsi shift cells up atau menggeser ke atas pada penghapusan data dengan ms.excel : 

Delete Shift Cell Up
Delete Shift Cells Up 1
Delete Shift Cell Up
Delete Shift Cells Up 2

Kesimpulan


Pilihan menggeser sel atau rentang sel pada saat penghapusan data ini akan menyebabkan pergeseran data, pergeseran ini harus dicermati agar pergeseran datanya sesuai dengan yang diinginkan. 

Apabila ada kesalahan dalam memilih sel / array yang akan dihapus, dapat menyebabkan kesalah pada data secara keseluruhan.


EmoticonEmoticon