Fungsi Vlookup di Excel

Fungsi vlookup merupakan sebuah function yang digunakan untuk mencari suatu data / nilai pada suatu tabel referensi (tabel array) berdasarkan dengan parameter kecocokan pada suatu parameter yang diberikan.Vlookup ini merupakan singkatan dari vertical lookup yaitu mencari nilai (lookup nilai) berdasarkan posisi vertical (data disajikan secara vertical).
Dengan menggunakan fungsi vlookup, sobat bisa mempermudah untuk mengambil nilai-nilai yang mempunyai suatu kecocokan, misalnya mengambil nilai penjualan suatu produk pada bulan sebelumnya berdasarkan kode barang dari produk tersebut.
Sintaks Penggunaan Fungsi Vlookup


VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
  • lookup_value merupakan nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang.
  • table_array merupakan rentang sel yang berisi data tersebut yang akan dicari berdasarkan lookup_value.
  • col_index_num merupakan nomor kolom dalam argumen table_array yang merupakan asal dari nilai yang cocok yang harus dikembalikan. 
  • range_lookup diisi dengan FALSE (0).

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Fungsi Vlookup


Hal-hal berikut ini akan dapat berpengaruh pada hasil lookup data menggunakan fungsi vlookup
  • Data berbentuk vertical.
  • Data yang di vlookup harus terdapat pada tabel referensi.
  • Pada tabel referensi data yang di vlookup akan menjadi kolom paling kiri sebagai index 1.
  • Kolom index pada kolom tepat disebelah kanan data yang dicari akan dihitung sebagai 2 (ditambah 1 setiap satu kolom ke sebelah kanan).
  • Data yang dicari tidak bisa berada disebelah kiri dari lookup_value.

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Di Excel


Untuk mencari data menggunakan fungsi vlookup, pada lookup_value bisa digunakan satu sel atau bisa langsung menggunakan rentang sel (array).Berikut ini adalah contoh simulasi penggunaan fungsi vlookup dengan lookup_value yang dipilih satu sel dan rentang sel.

1. Menggunakan Satu Sel


Dengan menggunakan satu sel ini adalah pemilihan pada lookup_value hanya diarahkan pada satu sel dimulainya fungsi vlookup.Contoh penggunaan fungsi vlookup dengan satu sel ini, sobat bisa lihat pada gambar fungsi vlookup 1 di bawah ini.

Fungsi Vlookup 1
Contoh rumus formula fungsi vlookup pada sel B10 :=VLOOKUP(A10,B3:E7,4,0)
Rumus diatas dapat dijabarkan sebagai berikut :
  • A10 merupakan lookup_value yang akan dicocokkan dengan tabel pada array.
  • B3:E7 merupakan tabel array yang dipilih untuk (kolom B dimulai karena data pada kolom B akan dicocokkan dengan lookup_value).
  • 4 merupakan col_index index dari total penjualan (kolom E), kolom E merupakan kolom ke 4 dihitung dari kolom B.
  • 0 merupakan range_lookup diisi dengan FALSE.
Dengan menggunakan rumus formula diatas pada sel B10 maka fungsi vlookup akan mengembalikan nilai #N/A karena total penjualan untuk item 1 memang tidak terdapat pada tabel yang dicari.

2. Menggunakan Rentang Sel


Dengan menggunakan rentang sel / array ini, data yang akan dicari sudah ditentukan array nya terlebih dahulu.Contoh penggunaan fungsi vlookup model array ini, sobat bisa lihat pada gambar fungsi vlookup 2 di bawah ini.

Fungsi Vlookup 2

Contoh rumus formula fungsi vlookup pada sel B10 :=VLOOKUP(A10:A15,B3:E7,4,0)
Terlihat pada rumus formula bentuk ini lookup_value diisi dengan array yang akan dicari (A10:A15). Hasil dengan menggunakan cara ini juga akan sama dengan hasil menggunakan satu sel pada lookup_value.

Kesalahan Dalam Menggunakan Fungsi Vlookup Di Excel


Kesalahan yang sering terjadi pada saat menggunakan fungsi vlookup ini adalah tidak mengunci rentang sel (array) yang dipilih pada saat melakukan penyalinan rumus vlookup ini (copy paste rumus).Contoh pada gambar vlookup 3 dibawah ini adalah kesalahan yang menyebabkan fungsi vlookup mengembalikan nilai #N/A.
Penyebab terjadinya kesalahan ini adalah rumus formula pada sel B10 "=VLOOKUP(A10,B3:E7,4,0)" disalin (copy) kemudian ditempelkan (paste) pada sel B11, sehingga masing-masing nilainya (value) bertambah 1 menjadi "=VLOOKUP(A11,B4:E8,4,0)" pada nilai yang menunjuk sel.
kesalahan fungsi vlookup
Fungsi Vlookup 3
Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan tanda (simbol) $ :
  1. Menambah $ hanya pada tabel referensi jika menggunakan satu sel sehingga rumus pada sel B10 menjadi =VLOOKUP(A10,$B$3:$E$7,4,0).
  2. Menambah $ pada lookup_value dan tabel referensi jika menggunakan array sehingga rumus pada sel B10 menjadi =VLOOKUP($A$10:$A$15,$B$2:$E$7,4,0).

Hasil Penggunaan Fungsi Vlookup Di Excel


Apabila hasil menggunakan fungsi vlookup sudah didapatkan, sobat excel bisa membiarkan rumus formulanya tetap berada pada masing-masing sel atau bisa juga menghilangkan rumus formulanya dengan menggunakan copy paste special opsi value.
Untuk menggunakan shortcut atau cara cepat menghilangkan rumus formula dengan paste special, sobat excel bisa blok pada rentang sel yang akan dihilangkan rumusnya kemudian tekan Ctrl+C,Alt+E,S ,V,Enter.

Kesimpulan


Dengan menggunakan fungsi vlookup, sobat bisa mencari nilai yang memiliki kesamaan pada parameter yang dicari dan nilai yang dicari berada disebelah kanan lookup_value.

Post a Comment for "Fungsi Vlookup di Excel"