Saturday, 19 May 2018

Cara Insert Entire Row & Column di Excel

Insert merupakan salah satu tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk menambah atau menyisipkan satu atau lebih baris maupun kolom.Pada penyisipan sel menggunakan insert ada beberapa opsi yang dapat digunakan antara lain : shift cells (right dan down) serta entire (row dan columns).Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara menambah baris dan kolom menggunakan opsi entire row (baris) dan entire colomns (kolom).

Insert Entire Row Pada Excel


Dengan menggunakan opsi entire row pada saat melakukan insert (penambahan) sel, maka akan ditambahkan satu atau lebih baris dari ujung kiri sampai ujung kanan.Menggunakan opsi ini merupakan sebuah keputusan apabila dalam suatu data, terdapat satu baris atau lebih data yang harus ditambahkan mungkin di baris bagian atas maupun baris bagian tengah.Penambahan baris dengan menggunakan insert entire row ini akan menyebabkan baris sel pada tempat dibambahkannya baris akan digeser ke bawah di bawah baris baru yang disisipkan.

Cara Menggunakan Insert Entire Row


Sebagai contoh ilustrasi dalam insert row ini akan digunakan data awal seperti terlihat pada gambar insert entire row 1 dan hasil setelah dilakukan penambahan dapat dilihat pada gambar insert entire row 2.

Cara Insert Entire Row & Column di Microsoft Excel
Insert Entire Row 1
fungsi entire row di excel
Insert Entire Row 2


Untuk melakukan penambahan baris (insert) dengan opsi entire row ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu :
  • Cara yang pertama adalah dengan mengarahkan pointer mouse ke sisi kiri dan klik kanan pada angka 6 (misalnya akan dilakukan penambahan pada baris 6 yang berwarna kuning pada gambar 1) kemudian klik kanan dengan mouse lalu pilih insert, maka baris 6 akan menjadi sebuah baris baru yang kosong tanpa berisi data sedangkan data pada baris 6 sebelumnya akan digeser kebawah (contoh pada gambar insert entire row 2).
  • Cara yang kedua : sobat excel bisa mengarahkan kursor pada salah satu kolom pada baris 6 (yang berwarna kuning) kemudian klik kanan pilih insert maka akan muncul form insert kemudian klik pada entire row lalu klik tombol OK.
  • Cara yang ketiga : pilih salah satu kolom pada baris 6 kemudian sobat excel bisa menggunakan shortcut / shortkey (Alt+I,R) jika diinginkan untuk menambah 2 buah baris maka blok dua buah bari (contoh baris 6 dan baris 7) lalu gunakan shortcut (Alt+I,R)
  • Cara yang keempat : sobat excel bisa menggunakan tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanak pada mouse, sehingga bisa dijadikan shortcut dengan menekan tombol (Shift+F10,I,R,Enter).

Insert Entire Columns Pada Excel


Fungsi entire columns pada insert ini hampir sama dengan entire row, hanya saja pada insert entire columns ini logikanya akan menyisipkan satu atau lebih kolom dan akan menggeser kolom sebelumnya (kolom pada tempat dilakukan penambahan) ke sebelah kanan.

Cara Menggunakan Insert Entire Columns


Sebagai contoh ilustrasi dalam insert columns ini akan digunakan data awal seperti terlihat pada gambar insert entire columns 1 dan hasil setelah dilakukan penambahan dapat dilihat pada gambar insert entire columns 2.

fungsi Insert entire column di excel
Insert Entire Columns 1
fungsi insert entire columns di excel
Insert Entire Columns 2

Untuk melakukan penambahan baris (insert) dengan opsi entire column ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu :
  • Cara yang pertama adalah dengan mengarahkan pointer mouse ke sisi bagian atas, tepat diatas huruf D lakukan klik kanan pada hufuf D (misalnya akan dilakukan penambahan pada kolom D yang berwarna kuning pada gambar 1) kemudian klik kanan dengan mouse lalu pilih insert, maka kolom D akan menjadi sebuah kolom baru yang kosong tanpa berisi data sedangkan data pada kolom D6 sebelumnya akan digeser sebelah kanan (contoh pada gambar insert entire columns 2).
  • Cara yang kedua : sobat excel bisa mengarahkan kursor pada salah satu baris pada kolom D (yang berwarna kuning) kemudian klik kanan pilih insert, pada form insert kemudian klik pada entire columns lalu klik tombol OK.
  • Cara yang ketiga : menggunakan shortcut Alt+I,C)
  • Cara yang keempat : menggunakan shortcut (Shift+F10,I,R,Enter).

Error Pada Saat Insert Entire Row & Columns


Mengapa terjadi error / kesalahan pada saat melakukan insert entire row dan columns ? hal ini dapat saja terjadi jika suatu data sudah seluruh barisnya sudah terisi dengan penuh pada insert entire row dan kolomnya sudah terisi penuh pada saat insert entire columns. 

Hal-hal yang bisa menyebabkan tidak bisa insert entire row :
  • Seluruh baris sudah terisi data secara penuh pada insert entire row dan seluruh kolom sudah terisi data secara penuh pada insert entire columns.
  • Tanpa sengaja salah satu kolom pada baris paling bawah terisi lewat copy paste pada entire row dan kolom paling kanan pada entire columns.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Insert Entire Row & Columns


Jika pada saat melakukan insert dengan entire row atau entire columns ternyata gagal, apa yang harus dilakukan? Hal pertama yang biasa saya lakukan adalah dengan menghapus baris paling bawah dari worksheet pada entire row kemudian ulangi melakukan insert dengan entire row.

Sedangkan untuk mengatasi jika tidak bisa insert entire column adalah dengan mencoba untuk menghapus kolom paling kanan kemudian mengulangi untuk insert dengan entire column.



Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon