Fungsi Index di Excel

Fungsi index merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk mengembalikan nilai ke sebuah nilai dalam tabel atau rentang sel (array). 

Fungsi index ini dibagi menjadi 2 yaitu index bentuk array (mengembalikan nilai dari cell tertentu) dan index bentuk referensi (mengembalikan referensi ke sel tertentu).

1. Fingsi Index Bentuk Array


Fungsi ini digunakan untuk mengembalikan nilai sebuah elemen di dalam tabel atau rentang sel (array), indeks yang akan dipilih dengan fungsi ini adalah indeks dari posisi baris dan kolom.

Sintaks Fungsi Index Bentuk Array

INDEX(array, row_num, [column_num])
  • array merupakan rentang sel yang akan dicari posisi indeksnya (posisi baris dan kolom).
  • row_num merupakan posisi baris yang akan dikembalikan.
  • column_num merupakan posisi kolom yang akan dikembalikan.

Contoh Fungsi Index Bentuk Array


Cara untuk menggunakan fungsi index ini sobat bisa melakukannya dari insert function, pilih function index pada select a function lalu pilih array, row_num, column_num (bagian atas) kemudian tekan tombol ok maka akan muncul function argument seperti pada gambar fungsi index bentuk array dibawah ini:

cara menggunakan fungsi index di excel
Fungsi Index Bentuk Array

Contoh rentang sel (array) yang digunakan adalah tabel (A1:B4). Kemudian untuk menggunakan fungsi index ini sobat bisa mengisi pada function argument :
  • array diisikan dengan contoh array yang akan digunakan (A1:B4).
  • row_num diisikan dengan contoh posisi baris yang akan dikembalikan (misalnya baris ketiga pada array tersebut).
  • Column_num diisikan dengan contoh posisi kolom yang akan dikembalikan (misalnya kolom 1 pada array tersebut).

Maka jika posisi index yang dicari adalah (row_num, Column_num) atau (3,1) pada array contoh diatas, nilai yang akan dikembalikan dengan fungsi index adalah nilai 2 (preview hasil pada formula result).

Berikut ini nilai-nilai yang akan dikembalikan dengan fungsi index bentuk array berdasarkan posisi (row_num, Column_num) yang diberikan :
  • (1,1) hasilnya adalah "Data 1".
  • (1,2) hasilnya adalah "Data 2".
  • (2,1) hasilnya adalah "1".
  • (2,2) hasilnya adalah "A".
  • Dan seterusnya sobat bisa simulasikan dengan contoh seperti pada gambar diatas.

Dengan cara pengetikkan langsung rumus formula untuk mencari nilai dengan fungsi index bentuk array ini bisa dilakukan dengan rumus =INDEX(A1:B4,3,1) untuk mendapatkan nilai pada posisi (row_num, Column_num) atau (3,1) array diatas.

2. Fungsi Index Bentuk Referensi


Fungsi ini digunakan untuk mengembalikan nilai sebuah elemen pada posisi baris dan kolom berdasarkan tabel yang dipilih.Perbedaan pada fungsi index bentuk referensi ini dengan bentuk array diatas adalah adanya pemilihan jumlah tabel yang digunakan pada pilihan terakhir.

Sintaks Fungsi Index Bentuk Referensi

INDEX(reference, row_num, [column_num], [area_num])
  • array merupakan rentang sel yang akan dicari posisi indeksnya (posisi baris dan kolom).
  • row_num merupakan posisi baris yang akan dikembalikan.
  • column_num merupakan posisi kolom yang akan dikembalikan.
  • Area_num adalah posisi tabel yang akan dipilih, jika area_num dikosongkan maka posisi tabel yang akan dipilih adalah tabel 1 (tabel pertama).

Contoh Fungsi Index Bentuk Referensi


Untuk cara menggunakan fungsi index bentuk referensi ini hampir sama dengan cara menggunakan fungsi index bentuk array diatas.Pada contoh ini akan digunakan penulisan langsung pada rumus formula yang diberikan. Contoh data yang digunakan sobat bisa perhatikan pada gambar fungsi index bentuk referensi di bawah ini :

cara menggunakan fungsi index di excel
Fungsi Index Bentuk Referensi

Rumus fungsi index bentuk referensi ini terlihat pada kolom D yang diterapkan pada kolom C.Berikut penjelasan rumus index bentuk referensi ini pada sel C7 yang menghasilkan nilai B :

=INDEX((A1:B4,A6:B9),3,2,1) 

  • A1:B4 merupakan tabel pertama yang dipilih.
  • A6:B9 merupakan tabel kedua yang dipilih
  • 3 merupakan baris yang dipilih (hasilnya akan 2 / B jika num_area = 1 dan hasilnya akan 5 / E jika num_area = 2).
  • 2 merupakan kolom yang dipilih (hasilnya akan B jika num_area = 1 dan hasilnya akan E jika num_area = 2). 
  • 1 merupakan num_area yang dipilih. Karena num_area yang dipilih adalah 1 maka rumus formula pada fungsi index bentuk referensi ini akan mengembalikan nilai B.

Manfaat Fungsi Index


Dengan fungsi untuk mengembalikan nilai dari posisi yang ditentukan, fungsi index ini akan bermanfaat bagi sobat dalam membuat sebuah laporan menggunakan template.
Selain digunakan sebagai template fungsi index ini bila digabungkan dengan fungsi match bisa digunakan untuk melakukan vlookup data dengan data berada di sebelah kiri




Mungkin Yang Anda Cari:

Post a Comment for "Fungsi Index di Excel"