Sunday, 20 May 2018

Cara Vlookup Ke Kiri di Excel

Cara untuk melakukan vlookup ke kiri adalah sebuah cara untuk mencari nilai dengan menggunakan fungsi vlookup dimana data (col_index_num) berada disebelah kiri data (lookup_value).

Pada pencarian nilai menggunakan fungsi vlookup, nilai yang dicari harus berada di kolom sebelah kanan dari nilai yang dicocokkan dengan lookup_value pada table referensi.

Dengan menggunakan fungsi vlookup, col_index_num akan dihitung mulai dari 1 pada kolom paling kiri di tabel referensi kemudian ditambah 1 setiap 1 kolom disebelah kanannya.

Karena col_index_num tidak bisa diberikan angka minus atau negatif, maka untuk mencari nilai yang berada disebelah kiri tidak bisa menggunakan fungsi vlookup.

Cara Menggunakan Vlookup Ke Kiri


Untuk dapat menggunakan vlookup ke kiri pada aplikasi ms.excel, sobat bisa menggabungkan fungsi index dengan fungsi match sebagai pengganti vlookup ke kiri.


Bagaimana cara menggabungkan fungsi index dengan fungsi match pada excel ini, sobat bisa lihat contoh pada gambar vlookup ke kiri 1 di bawah ini.


Vlookup Ke Kiri
Vlookup Ke Kiri 1

Gambar diatas terdiri dari dua buah tabel yaitu tabel pertama dengan array A1:D11 dan tabel kedua dengan array A13:B17.

Untuk mencari kode barang berdasarkan nama barang pada tabel kedua dengan menjadikan tabel pertama sebagai referensi, cara biasa yang digunakan adalah dengan menggunakan fungsi vlookup. 

Akan tetapi karena kolom kode barang berada disebelah kiri kolom nama barang, maka mencari kode barang dengan fungsi vlookup ini tidak dapat dilakukan.

Dengan menggunakan penggabungan fungsi index dengan match, maka fungsi vlookup ke kiri dapat dilihat pada tampilan gambar vlookup ke kiri 2 di bawah ini.

Cara Vlookup Ke Kiri
Vlookup Ke Kiri 2

Pada gambar diatas, sobat bisa lihat hasil vlookup ke kiri pada tabel kedua B14:B16 dengan contoh rumus formula pada sel B14 adalah :

=INDEX(B2:C11,MATCH(A14,C2:C11,0),1)
  • B2:C11 merupakan array yang dipilih menggunakan fungsi index, ini sama dengan pemilihan array tabel referensi pada fungsi vlookup.
  • MATCH(A14,C2:C11,0) fungsi match ini akan menggantikan argument row_num pada fungsi index, dimana dengan menggunakan fungsi ini maka akan menunjuk kepada posisi baris yang dituju.
  •  1 digunakan untuk menunjuk nomor kolom yang dicari.
Dengan menggunakan gabungan fungsi-fungsi ini, terlihat hasil pada sel B14:B16 diisi dengan cara yang sama ketika menggunakan fungsi vlookup.

Kesimpulan


Penggabungan fungsi index dengan fungsi match untuk melakukan vlookup ke kiri ini, akan dapat membantu kita daripada harus membuat sebuah kolom baru dengan mengcopy data yang dicari ditempatkan pada kolom disebelah kanan lookup_value.



Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon