Mengambil Kata Dari Kiri di Excel

Fungsi Left merupakan sebuah function yang digunakan untuk mengambil karakter atau strings teks yang dimulai dari posisi paling kiri pada aplikasi ms. excel. 

Pengambilan strings teks dari kiri dengan fungsi left ini juga bisa dipadukan dengan fungsi lainnya di excel.

Sintaks Fungsi LEFT di Excel

LEFT(teks, [num_chars])
  • text merupakan strings teks yang berisi karakter yang akan diambil atau dikembalikan nilainya
  • num_chars merupakan jumlah karakter yang diambil atau diekstrak dari strings teks dihitung dari karakter paling kiri (satu spasi dihitung satu karakter).

Contoh Penggunaan Fungsi LEFT


Sebagai contoh ilustrasi penggunaan fungsi left ini adalah untuk mengekstrak nomor penjualan dari suatu sales number dengan format 00001/DDK-SLS/2015.Dari contoh sales number tersebut 5 angka paling kiri merupakan nomor counter penjualan yang ditambahkan secara otomatis.
Bagi sobat yang pernah mengalami kondisi serupa untuk mengambil hanya nomor urutnya saja bisa menggunakan fungsi left seperti pada contoh gambar fungsi left 1 dibawah ini
Fungsi Left di Excel
Fungsi Left 1

Pada contoh gambar fungsi left 1 diatas merupakan contoh cara penggunaan fungsi left dari insert function, argument-argument yang diberikan pada function argument adalah :
  • text : pada contoh diatas karakter atau strings teks yang akan diambil adalah dari kolom A (sel A2), maka pada text diisi dengan A2.
  • num_chars diisi dengan banyaknya jumlah karakter dari kiri yang akan diambil termasuk di dalamnya spasi jika 5. pada contoh ini 5 karakter paling kiri adalah 00001.

Hasil Penggunaan Fungsi LEFT


Sebagai hasil dari penggunaan fungsi left diatas sobat bisa lihat pada gambar fungsi left 2 dibawah ini pada kolom B sel B2.

Untuk menggunakan rumus formula di sel B2 pada baris-baris kolom B dibawahnya, maka sobat excel bisa copy rumus formulanya.

Mencari kata dari kiri di excel
Fungsi Left 2

Cara lain penggunaan fungsi left adalah dengan mengetikkan langsung rumus formula fungsi left pada sel yang ditentukan (contoh hasil fungsi left pada sel B2).Dari sel B2 sobat excel bisa ketik rumus formulanya untuk contoh diatas adalah :
=LEFT(A2,5).

Fungsi LEFT Bersyarat


Pada contoh fungsi left bersyarat ini akan dilakukan dengan menggabungkan fungsi if, fungsi istext, dan fungsi left.Fungsi if akan memeriksa sel dengan fungsi istext sebelum dilakukan pengambilan karakter dengan fungsi left.

fungsi left bersyarat di excel
Fungsi Left 3
Contoh rumus formula pada sel B2 yang digunakan untuk fungsi left bersyarat ini adalah :

=IF(ISTEXT(A2),LEFT(A2,5),"Bukan Teks")

Penjabaran fungsi left bersyarat 
  1. Pertama fungsi if akan mengecek apakah sel A2 merupakan strings teks dengan warna cokelat.
  2. Jika pada if bernilai TRUE  maka akan dilakukan fungsi left pada sel A2 dengan mengambil 5 karakter dari paling kiri (warna biru).
  3. Jika pada if bernilai FALSE maka akan dikembalikan strings "Bukan Teks" (warna merah).

Kesimpulan


Fungsi left dapat digunakan untuk mengolah data teks pada excel bila diperlukan memecah stings teks yang diambil dari bagian paling kiri.

Mungkin Yang Anda Cari:

Post a Comment for "Mengambil Kata Dari Kiri di Excel"