Saturday, 19 May 2018

Cara Fungsi Concatenate di Excel

Cara menggabungkan strings teks atau beberapa strings teks di excel dapat dilakukan dengan fungsi concatenate. 
Selain hanya menggabungkan teks-teks yang ada, dengan menggunakan beberapa fungsi di excel penggabungan kata-kata (strings teks) ini dapat juga dilakukan dengan syarat yang diberikan / ditentukan.

Manfaat Fungsi Concatenate Di Excel


Fungsi concatenate merupakan salah satu bagian fungsi teks (function text), fungsi ini digunakan untuk menggabungkan dua text (string teks) atau lebih (bisa tiga, empat, lima, enam atau lebih sampai 255 string teks) menjadi satu text (satu strings teks).

Sintaks Fungsi Concatenate

CONCATENATE(text1, [text2], ...) 
  • text1 merupakan teks pertama yang akan digabungkan.
  • text2 merupakan teks kedua yang akan digabungkan.
  • Begitu seterusnya sampai teks ke 255.

Contoh Penggunaan Fungsi Concatenate Di Excel


Untuk dapat menggunakan fungsi concatenate maka harus ada minimal 2 buah strings teks yang akan digabungkan menjadi satu.

Pada gambar fungsi concatenate 1 dibawah ini adalah contoh menggabungkan 2 strings teks menjadi satu strings teks.

cara menggabungkan teks di excel
Fungsi Concatenate 1

Hasil pada kolom C merupakan penggabungan teks pada kolom A dengan kolom B dengan rumus formulanya (contoh pada sel C2) adalah :

=CONCATENATE(A2,B2)

Penggabungan dengan fungsi ini akan membuat teks pertama dengan teks kedua akan menjadi rapat tanpa adanya spasi yang memisahkan teks tersebut.

Jika sobat dalam menggabungkan dua buah teks ingin ada spasi diantara teks-teks yang digabungkan, sobat bisa menambahkan satu kolom kosong lagi sebagai bantuan dimana pada sel kolom kosong tersebut diisikan dengan spasi.

Apabila dibutuhkan sebuah syarat untuk menggabungkan suatu teks atau kata-kata, maka sobat bisa menggabungkan fungsi concatenate ini dengan fungsi if di excel.

Menggabungkan Fungsi Concatenate Dengan Fungsi IF


Ide untuk menggabungkan fungsi if dengan fungsi concatenate ini merupakan sebuah simulasi apabila didalam menggabungkan kata terdapat syarat yang bisa untuk digabungkan.

Contoh model penggabungan seperti ini, sobat bisa perhatikan pada gambar fungsi concatenate 2 dibawah ini.Pada penggabungan ini text pada data 1 (kolom A) akan digabungkan dengan teks pada data 2 (kolom B) dengan syarat isi teks pada kolom A adalah bukan "Bahaya".

Sedangkan jika isi teks pada kolom A merupakan string "Bahaya", maka akan dikembalikan sebuah stings teks (bahaya) pada hasil yang diberikan.

fungsi concatenate di excel
Fungsi Concatenate 2
Berikut rumus formula yang digunakan pada kolom C pada masing-masing sel :
  1. =IF(A2="Bahaya","Bahaya",CONCATENATE(A2,B2)) Pada sel C2, rumus ini akan mengembalikan sebuah strings bahaya karena isi strings teks pada sel A2 (kolom A) adalah bahaya.
  2. =IF(A3="Bahaya","Bahaya",CONCATENATE(A3,B3)) Pada sel C3, rumus ini akan menggabungkan teks pada sel A3 dengan sel B3 (DuaBahaya), Walaupun ada kata bahayanya tetapi bahaya disini adalah isi dari strings B3 (bukan bernilai TRUE pada fungsi if)
  3. =IF(A4="Bahaya","Bahaya",CONCATENATE(A4,B4)) Padas el C4, rumus ini memberikan hasil yang sama dengan contoh pada sel C3.

Itulah cara menggabungkan fungsi concatenate dengan fungsi if jika dibutuhkan syarat dalam penggabungan teks.
Bagaimana jika hasil yang dikembalikan adalah "bahaya", jika salah satu teks pada kolom A atau kolom B adalah bahaya ? 

Jika syarat yang dibutuhkan dalam penggabungan teks ini adalah mengecek pada masing-masing teks yang akan digabungkan, maka sobat bisa menggunakan fungsi concatenate dengan fungsi if dan fungsi or.

Fungsi Concatenate, IF, Dan OR


Penggabungan kata dengan mengecek masing-masing kata yang akan digabungkan ini mempunyai logika yang sama dengan penggabungan fungsi concatenate dan fungsi if diatas.Hanya saja pada kondisi ini fungsi if dipadukan dulu dengan logika or.

Contoh menggabungkan kata bersyarat dengan fungsi if, fungsi or dan fungsi concatenate ini sobat bisa lihat pada gambar fungsi concatenate 3 dibawah ini :

fungsi concatenate
Fungsi Concatenate 3
Berikut rumus formula yang digunakan pada masing-masing sel di kolom C (berturut-turut sel C2, C3, dan C4) :
  • =IF(OR(A2="Bahaya",B2="Bahaya"),"Bahaya",CONCATENATE(A2,B2))
  • =IF(OR(A3="Bahaya",B3="Bahaya"),"Bahaya",CONCATENATE(A3,B3))
  • =IF(OR(A4="Bahaya",B4="Bahaya"),"Bahaya",CONCATENATE(A4,B4))

Dari rumus formula tersebut akan mengembalikan (menghasilkan) nilai bahaya jika salah satu strings teks pada kolom A atau kolom B adalah Bahaya.

Kesimpulan


Fungsi Concatenate ini bisa dijadikan sebuah tools bagi sobat yang sering mengolah data berupa strings-strings teks sehingga dapat menghemat waktu daripada harus mengetik satu persatu data secara lengkap.


Mungkin Yang Anda Cari:



EmoticonEmoticon