Saturday, 19 May 2018

Cara Mengambil Kata Tengah di Excel

Fungsi mid merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengambil teks atau kata tertentu pada posisi dari tengah-tengah suatu strings teks.

Selain digunakan untuk mengambil strings teks di tengah-tengah strings, fungsi mid juga bisa digunakan untuk mengambil strings teks si tengah bersyarat. 

Sintaks Fungsi MID Di Excel

MID(text, start_num, num_chars)
  • Teks merupakan strings teks dalam suatu sel yang akan diambil karakter atau katanya.
  • Start_num merupakan posisi karakter pertama yang yang akan diekstrak / diambil atau tempat awal akan dimulai diambilnya teks yang ditentukan
  • Num_chars merupakan panjang atau jumlah karakter yang akan diambil dengan menggunakan rumus fungsi mid.

Contoh Penggunaan Fungsi MID


Sebagai contoh penggunaan fungsi mid ini adalah mengambil bagian dari sebuah sales number untuk diganti dengan kode yang lain. 

Pada Gambar fungsi mid 1 dibawah ini terdapat sebuah sales number (000001/DDK-SLS/2015) dengan format :
  • 00001 merupakan nilai counter untuk nomor penjualan.
  • / merupakan tanda sebagai separator pemisah
  • DDK-SLS merupakan kode penjualan
  • 2015 meruapakan tahun penjualan
Dari contoh tersebut akan terdapat banyak penjualan dalam satu bulan, suatu ketika dengan suatu alasan kode penjualan DDK-SLS harus diganti dengan MDK-SLS.Untuk contoh seperti ini, fungsi mid ini bisa menjadi salah satu solusi agar tidak mengganti satu persatu pada kode tersebut.

Fungsi Mid untuk Mengambil Kata Tengah di Excel
Fungsi Mid 1

Dari contoh ini cara penggunaan fungsi mid dengan insert function adalah dari insert function sobat excel pilih mid pada select a function, jika sudah maka klik OK untuk memunculkan function argument.
Pada function argument ini sobat excel isikan argument-argument dari masing masing sintaks pada fungsi mid :
  • Text diisikan dengan A2 : karena yang akan diambil adalah strings teks pada kolom A maka dari sel B2 untuk teks diisikan dengan sel A2.
  • Start_num diisikan dengan 7 : Pada contoh yang akan diambil adalah dimulai dari huruf D pada DDK-SLS, maka huruf D yang pertama kalau dihitung dari kiri adalah urutan ke 7 dari kiri pada strings teks 00001/DDK-SLS/2015.
  • Num_chars diisikan dengan 7 : karena jumlah karakter pada DDK-SLS adalah 7 buah karakter, jumlah karakter ini termasuk tanda baca dan spasi yang dihitung masing-masing 1 karakter. Jika terdapat spasi yang lebih dari satu baik secara maupun tidak sengaja maka per spasi tetap di hitung 1 karakter (dihitung 2 jika terdapat dua spasi antar pemisah kata).
  • Jika argument-argument diatas sudah diisi maka tampilan untuk preview hasil yang akan diperoleh bisa dilihat pada formula result pada bagian bawah sebelah kiri dari function arguments.
  • Jika tampilan pada formula result sudah sesuai dengan apa yang diinginkan maka tekan tombol OK untuk menyelesaikan fungsi mid tersebut.

Hasil Penggunaan Fungsi MID


Sebagai hasil dari penggunaan fungsi mid diatas sobat bisa lihat pada gambar fungsi mid 2 dibawah ini pada sel B2.Untuk menggunakan rumus formula di sel B2 pada baris-baris kolom B dibawahnya, maka sobat bisa copy rumus formulanya.
Cara untuk Mengambil Kata Tengah di Excel
Fungsi Mid 2

Selain menggunakan cara diatas melalui insert function, penggunaan menggunakan rumus fungsi mid bisa dilakukan dengan mengetikkan langsung rumus formulanya pada sel yang akan digunakan.
Sebagai contoh pada kasus diatas maka rumus formula untuk fungsi mid diketik pada sel B2 adalah
=MID(A2,7,7).

Fungsi MID Bersyarat


Fungsi mid bersyarat ini logika dari adalah akan mengambil strings teks dari tengah berdasarkan syarat yang ditentukan.Jika syarat terpenuhi maka akan dilakukan pengembalian nilai dengan fungsi mid, sedangkan jika syarat tidak terpenuhi maka akan dikembalikan sebuah strings teks yang ditentukan.

Contoh penggunaan fungsi mid bersyarat ini, sobat bisa perhatikan pada gambar fungsi mid 3 dibawah ini.Pada contoh ini fungsi mid akan mengembalikan karakter pada kolom A jika strings pada kolom C adalah Item 2.
Sedangkan jika strings pada kolom C tidak berisi Item 2 maka akan dikembalikan nilai "Bukan Item 2".

fungsi mid bersyarat
Fungsi Mid 3

Kesimpulan


Penggabungan fungsi mid dengan fungsi if di excel atau fungsi mid bersyarat ini cocok digunakan untuk mencari karakter yang terbatas.

Mungkin Yang Anda Cari:



EmoticonEmoticon