Sunday, 20 May 2018

Fungsi Proper di Excel

Fungsi Proper merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengubah setiap huruf pertama menggunakan huruf besar dan sisanya menggunakan huruf kecil atau dengan istilah profesional text.

Fungsi ini selain bisa digunakan sebagai sebuah fungsi tunggal, juga bisa digunakan dengan fungsi-fungsi yang lain seperti membuat teks profesional beserta spasi dan syaratnya.

Sintaks Fungsi PROPER di Excel

PROPER(teks)
  • teks merupakan sebuah strings teks pada suatu sel (referensi sel) yang akan diubah bentuk penulisan katanya diawali dengan huruf besar dan diikuti hufuf kecil.

1. Fungsi PROPER


Contoh penggunaan fungsi proper adalah untuk mengubah daftar nama alamat pada kolom A menjadi setiap kata diawali dengan huruf besar diikuti dengan huruf kecil.

Fungsi Proper di Excel
Fungsi Proper 1

Dengan menggunakan rumus formula =PROPER(A2) pada sel B2, ini akan mengubah tampilan huruf pada sel A2 menjadi profesional teks.

Fungsi proper ini jika hanya digunakan tunggal maka hanya akan mengubah setiap kata diawali huruf besar tanpa mengubah yang lain seperti jumlah spasi.Bagaimana jika kita ingin agar hasil perubahan bentuk teks yang dilakukan dengan fungsi proper juga membuat susunan kata menjadi rapi dalam hal spasi.
Untuk melakukan hal ini penggunaan fungsi proper bisa digabungkan dengan penggunaan fungsi trim di excel.

2. Fungsi PROPER Dan Fungsi TRIM


Apa itu fungsi trim ? fungsi trim merupakan sebuah fungsi pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk menghilangkan kelebihan-kelebihan spasi antara pemisah kata.Cara untuk menggabungkan fungsi proper dengan trim ini sobat excel bisa lihat pada gambar fungsi proper 2 dibawah ini;
membuat kata diawalai huruf besar
Fungsi Proper 2

Dengan menggabungkan fungsi ini maka contoh rumus formula pada sel B4 adalah =PROPER(TRIM(A4)) yang akan mengubah bentuk strings menjadi profesional text dengan hanya satu pemisah spasi.

3. Fungsi PROPER, TRIM, DAN IF


Menggabungkan penggunaan fungsi proper, fungsi trim, dan fungsi if adalah salah satu cara untuk mengubah bentuk strings teks menjadi profesional teks dengan satu spasi pemisah berdasarkan syarat yang ditentukan.

Contoh penggabungan ini adalah untuk mengubah bentuk teks pada kolom A jika status pada kolom B adalah "Aktif" seperti pada gambar fungsi proper 3 dibawah ini.

Sedangkan jika status pada kolom B adalah "Tidak Aktif" maka penggabungan fungsi ini akan mengembalikan nilai "Tidak Aktif"

Fungsi Proper 3

Berikut rumus formula yang diberika pada masing-masing sel di kolom C :
  • Sel C2 : =IF(B2="Aktif",PROPER(TRIM(A2)),"Tidak Aktif")
  • Sel C3 : =IF(B3="Aktif",PROPER(TRIM(A3)),"Tidak Aktif")
  • Sel C4 : =IF(B4="Aktif",PROPER(TRIM(A4)),"Tidak Aktif")
  • Sel C5 : =IF(B5="Aktif",PROPER(TRIM(A5)),"Tidak Aktif")
  • Sel C6 : =IF(B6="Aktif",PROPER(TRIM(A6)),"Tidak Aktif")
  • Sel C7 : =IF(B7="Aktif",PROPER(TRIM(A7)),"Tidak Aktif")

Kesimpulan


Penggabungan fungsi proper dengan fungsi trim bisa menjadi alternatif apabila sumber datanya merupakan data yang tidak teratur.


Mungkin Yang Anda Cari:



EmoticonEmoticon