Mengambil Kata Dari Kanan di Excel

Fungsi right merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengambil karakter pada suatu strings teks yang dimulai dari posisi paling kanan.

Sintaks Fungsi RIGHT di Excel

RIGHT(teks, [num_chars])
  • text merupakan strings teks yang berisi karakter yang akan diambil atau dikembalikan nilainya
  • num_chars merupakan jumlah karakter yang diambil atau diekstrak dari strings teks dihitung dari karakter paling kanan (satu spasi dihitung satu karakter).


Cara Menggunakan Fungsi RIGHT


Sebagai contoh penggunaan fungsi right dalam mengambil karakter dari paling kanan ini akan digunakan contoh dari suatu sales number dengan format 00001/DDK-SLS/2015 pada gambar fungsi right 1 dibawah ini. 

Dari contoh sales number tersebut akan diambil empat angka dimulai dari paling kanan, contoh ini misalkan digunakan untuk mengambil tahun penjualan dari berbagai tahun dengan format sales number.

cara mencari karakter dari kanan di excel
Fungsi Right 1

Pada contoh diatas akan diambil empat angka paling kanan dari strings teks pada kolom A, cara untuk menggunakan fungsi right dengan insert function adalah :
  • Text diisikan dengan A2 : Pada function argument sobat excel isikan strings teks yang akan diekstrak pada argument text (pada contoh diatas adalah kolom A (sel A2).
  • Num_chars diisikan dengan 4 : karena jumlah teks yang akan diambil adalah 4 karakter dari paling kanan (contoh tahun dari sales number).
  • Hasil yang akan dikembalikan dapat dilihat pada formula result bagian bawah samping kiri.

Hasil Penggunaan Fungsi RIGHT


Hasil dari penggunaan fungsi right ini sobat excel bisa lihat pada tampilan gambar fungsi right 2 di bawah ini, rumus formula pada sel B2 silahkan di copy pada baris-baris kolom B dibawahnya.Untuk penggunaan rumus formula secara langsung sobat excel bisa ketiikan =RIGHT(A2,4) pada sel B2 untuk mendapatkan hasil yang sama dengan cara insert function diatas tadi.

Penggunaan dan jumlah spasi pada fungsi right ini adalah setiap satu spasi dihitung sebagai satu karakter, jadi jika pada suatu contoh terdapat spasi pada strings teksnya, maka untuk per satu spasi dihitung satu karakter.

Mencari kata dari kanan di excel
Fungsi Right 2

Fungsi RIGHT Bersyarat


Fungsi right bersyarat ini merupakan penggabungan suatu fungsi untuk mengambil karakter dari kanan jika memenuhi syarat yang ditentukan.

Contoh pada kondisi ini adalah mengambil empat karakter dari suatu strings teks pada kolom A yang dimulai dari paling kanan jika status pada kolom B adalah aktif.

Fungsi Right 3
Dengan menggabungkan penggunaan fungsi right dengan fungsi if, maka contoh hasil dari fungsi if bersyarat ini dapat dilihat pada gambar fungsi right 3, dengan rumus formula pada sel C2:

=IF(B2="Aktif",RIGHT(A2,4),"Tidak Aktif")

Berikut ini penjelasan dari fungsi right bersyarat
  1. Dengan logical_test pada fungsi if (warna cokelat) akan di cek strings teks pada sel B2.
  2. Jika pada logical_test bernilai TRUE maka akan dijalankan fungsi right (warna biru).
  3. Jika pada logical_test bernilai FALSE maka akan dikembalikan nilai "Tidak Aktif" (warna merah). 

Kesimpulan


Fungsi right ini mempunyai banyak manfaat bagi sobat excel yang sering memecah dan menggabungkan kata atau melakukan manipilasi data dengan menggunakan aplikasi ms excel.



Mungkin Yang Anda Cari:

Post a Comment for "Mengambil Kata Dari Kanan di Excel"