Fungsi Upper di Excel

Fungsi Proper merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengkonversi / mengubah semua huruf dalam string teks menjadi huruf besar semua.

Selain digunakan dalam bentuk tunggal, fungsi ini juga bisa digabungkan penggunaannya dengan fungsi-fungsi yang lain seperti fungsi if, trim untuk mengubah / konversi huruf bersyarat.

Sintaks Fungsi UPPER di Excel

UPPER(teks)
  • teks merupakan sebuah strings teks pada suatu sel (referensi sel) yang akan diubah bentuk penulisan katanya dengan menggunakan huruf besar semua.

1. Fungsi UPPER


Berikut ini merupakan contoh penggunaan fungsi upper untuk mengubah strings teks menjadi huruf besar semua.Data pada kolom A pada gambar fungsi upper 1 akan diubah dengan fungsi upper dan hasilnya pada kolom B.

Fungsi Upper di Excel
Fungsi Upper 1
Contoh rumus formula fungsi upper pada sel B2 adalah

=PROPER(A2) 

Dengan rumus formula tersebut akan mengubah seluruh huruf menjadi besar semua, akan tetapi hanya mengubah bentuk hurufnya saja tanpa mengubah jumlah spasi antara masing-masing kata.

Jika sobat ingin mengkonversi bentuk huruf suatu strings teks menjadi huruf besar semua dan sekaligus menghilangkan kelebihan spasinya, sobat bisa menggabungkan fungsi upper dengan fungsi trim di excel.

2. Fungsi UPPER & TRIM


Penggabungan fungsi ini akan dapat mengkonversi suatu strings teks menjadi huruf besar semua dan menghilangkan kelebihan spasi yang terdapat antara masing-masing kata.

Contoh cara menggabungkan fungsi upper dengan fungsi trim, sobat bisa perhatikan pada gambar fungsi upper 2 dibawah ini.

fungsi upper pada excel
Fungsi Upper 2
Salah satu contoh rumus formula pada kolom B yang digunakan untuk mengkonversi strings teks pada kolom A adalah rumus pada sel B4 yaitu:

=UPPER(TRIM(A4))

Rumus fungsi upper diatas akan mengkonversi strings teks pada sel A4 dan hasilnya bisa dilihat pada sel B4.

3. Fungsi UPPER, TRIM, DAN IF

Bagaimana jika konversi string teks menjadi huruf besar semua hanya sebagian berdasarkan kriteria yang ditentukan?Untuk melakukan hal ini sobat bisa menggabungkan penggunaaan fungsi upper, trim, dan fungsi if.

Untuk menggabungkan fungsi-fungsi ini, sobat bisa perhatikan contoh pada gambar fungsi upper 3 dibawah ini.Fungsi upper akan mengubah menjadi huruf besar semua dan menghilangkan kelebihan spasinya jika status pada kolom B adalah "Aktif".

cara mengubah huruf besar semua
Fungsi Upper 3
Berikut ini rumus formula yang digunakan pada masing-masing sel di kolom C :
  • =IF(B2="Aktif",UPPER(TRIM(A2)),"Tidak Aktif")
  • =IF(B3="Aktif",UPPER(TRIM(A3)),"Tidak Aktif")
  • =IF(B4="Aktif",UPPER(TRIM(A4)),"Tidak Aktif")
  • =IF(B5="Aktif",UPPER(TRIM(A5)),"Tidak Aktif")
  • =IF(B6="Aktif",UPPER(TRIM(A6)),"Tidak Aktif")
  • =IF(B7="Aktif",UPPER(TRIM(A7)),"Tidak Aktif")

Kesimpulan 


Fungsi upper merupakan sebuah fungsi bagian dari fungsi teks di excel, fungsi ini juga bisa dipadukan dengan fungsi lainnya untuk mengkonversi strings teks bersyarat.



Mungkin Yang Anda Cari:



Post a Comment for "Fungsi Upper di Excel"