Fungsi Lower di Excel

Fungsi lower merupakan sebuah function yang digunakan untuk mengkonversi / mengubah semua huruf menjadi huruf kecil semua pada aplikasi ms.excel. 

Fungsi ini, selain digunakan dalam bentuk tunggal untuk mengkonversi huruf, juga bisa mengubah / konversi huruf bersyarat dengan menggabungkan penggunaannya dengan fungsi-fungsi yang lain seperti fungsi if, trim.

Sintaks Fungsi Lower Di Excel

LOWER(teks)
  • teks merupakan sebuah strings teks pada suatu sel (referensi sel) yang akan diubah bentuk penulisan katanya dengan menggunakan huruf besar semua.

1. Fungsi Lower


Berikut ini adalah contoh mengubah / mengkonversi strings teks menjadi huruf kecil semua dengan menggunakan fungsi lower.Pada contoh gambar fungsi lower 1, fungsi lower akan mengubah strings pada kolom A dan hasilnya pada kolom B.
Fungsi Lower di excel
Fungsi Lower 1

Pengkonversian huruf ini hanya mengubah bentuk dari masing-masing karakter tanpa memperhatikan spasi-spasi pemisah pada masing-masing kata seperti contoh hasil pada sel B4.

Contoh rumus formula yang digunakan pada sel B2 untuk mengubah bentuk ini adalah 

=LOWER(A2)

Jika sobat ingin mengubah bentuk masing-masing huruf menjadi kecil semua dan membuat hanya ada satu spasi pada pemisah masing-masing kata, sobat bisa menggunakan fungsi lower dengan fungsi trim.

2. Fungsi Lower dan Fungsi Trim


Penggabungan fungsi-fungsi ini akan memberikan manfaat jika sumber data yang digunakan belum berupa sebuah strings teks yang sempurna.

Misalnya sebuah sumber data yang berasal dari banyak sumber dan masing-masing spasi strings teks tidak hanya satu pada pemisah kata seperti contoh pada sel A4.

Fungsi Lower di excel
Fungsi Lower 2

Dengan menggabungkan fungsi lower dengan fungsi trim, hasil pada sel B4 bisa dilihat bahwa kelebihan spasi yang terdapat pada sel A4 sudah hilang dengan rumus formula pada sel B4

=LOWER(TRIM(A4))

Bagaimana jika mengubah menjadi huruf kecil semua dan menghilangkan kelebihan spasinya dengan syarat tertentu ? untuk model seperti ini, sobat bisa menggabungkan fungsi lower, trim, dan if.

3. Fungsi Lower, Trim, dan IF


Penggabungan fungsi ini bisa digunakan apabila dala mengkonversi huruf diperlukan syarat-syarat untuk bisa di konversi.

Misalnya pada contoh gambar fungsi lower 3 berikut ini, penggabungan fungsi-fungsi ini akan mengubah strings teks pada kolom A apabila status pada kolom B adalah "Aktif".

Sedangkan jika status pada kolom B adalah "Tidak Aktif", maka nilai yang akan dikembalikan pada kolom C adalah "Tidak Aktif".

mengubah huruf kecil di excel
Fungsi Lower 3
Dengan menggabungkan fungsi-fungsi ini, maka contoh hasil pada sel C4 akan mengubah strings teks pada sel A4 dan menghilangkan kelebihan spasinya dengan rumus formula :

=IF(B4="Aktif",LOWER(TRIM(A4)),"Tidak Aktif").

Kesimpulan


Fungsi lower merupakan sebuah fungsi bagian dari fungsi teks di excel yang digunakan untuk mengubah bentuk karakter.
Fungsi ini juga bisa dipadukan dengan fungsi lainnya untuk mengkonversi strings teks bersyarat.



Mungkin Yang Anda Cari:

Post a Comment for "Fungsi Lower di Excel"