Sunday, 20 May 2018

Fungsi Match di Excel

Fungsi match merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengembalikan posisi relatif dari suatu item yang dicari pada rentang sel /array.

Sintaks Fungsi Match Di Excel

MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type])
  • lookup_value merupakan nilai yang akan dicocokkan pada array yang dicari pada lookup_array.
  • lookup_array merupakan tabel referensi yang akan dicari posisi relatif dari nilai yang dicocokkan
  • match_type merupakan cara menemukan nilai yang mempunyai kecocokan

Manfaat Fungsi Match Di Excel


Fungsi ini memberikan posisi nilai yang dikembalikan yang akan memberikan sebuah nilai untuk argumen row_num dari fungsi INDEX.

Dengan memberikan nilai untuk row_num, maka penggunaan fungsi match yang digabungkan dengan fungsi index akan dapat menggantikan fungsi vlookup untuk melihat data ke kiri.

Berikut ini merupakan contoh penggunaan fungsi match pada aplikasi ms.excel seperti pada gambar fungsi match dibawah ini.

Dari contoh gambar berikut terdapat dua buah data yang terdiri dari
  • Data 1 pada kolom A dengan rentang sel dari header adalah A1:A6. 
  • Data 2 pada kolom B dengan rentang sel dari header adalah B1:B6.

Fungsi match di excel
Fungsi Match

Rumus formula yang diberikan pada sel A7 adalah 

=MATCH("B",A1:B6,0)

Yaitu mencari huruf B pada array A1:B6 dengan match 0. Rumus ini akan mengembalikan nilai #N/A (posisi tidak ditemukan) karena array yang digunakan adalah 2 kolom.Sedangkan fungsi match akan mengembalikan posisi row pada suatu kolom.

Contoh pengembalian nilai dari fungsi match ini adalah pada sel B7 dengan rumus formula

=MATCH("B",B1:B6,0)

Sehingga nilai yang dikembalikan adalah "3" yaitu nilai yang dicari "B" berada pada baris ketiga dari suatu array B1:B6.

Untuk match_type mempunyai masing-masing perilaku yaitu:
  • Match_type 1 untuk menemukan nilai terbesar yang lebih kecil dari atau sama dengan lookup_value yang diurut secara ascending atau dari kecil ke besar.
  • Match_type 0 untuk menemukan nilai pencocokan yang identik atau lookup_array yang dicari sama persis dengan lookup_value.
  • Match_type -1 untuk menemukan nilai terkecil yang lebih besar dari atau sama dengan lookup_value yang diurut secara descending atau dari besar ke kecil.

Kesimpulan


Dengan mempunyai fungsi untuk mengembalikan nilai row_num pada fungsi index, fungsi ini dapat digunakan untuk melakukan vlookup data dengan data berada disebelah kiri yang tidak dicover dengan penggunaan fungsi vlookup.




Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon