Sunday, 20 May 2018

Fungsi Iferror di Excel

Fungsi iferror merupakan sebuah fucntion yang digunakan untuk mengembalikan nilai sesuai dengan yang ditentukan jika terjadi kesalahan pada aplikasi ms.excel.

Fungsi ini dapat membantu untuk mengatasi jenis-jenis kesalahan yang mungkin terjadi pada saat mengunakan rumus function di excel.

Jenis-jenis nilai kesalahan yang dievaluasi menggunakan fungsi iferror ini meliputi  #N/A, #VALUE!, #REF!, #DIV/0!, #NUM!, #NAME?, atau #NULL!.

Sintaks Fungsi IFERROR

IFERROR(value, value_if_error)
  • value merupakan argumen yang akan diperika apakah terjadi kesalahan apa tidak.
  • value_if_error merupakan nilai yang akan dikembalikan jika rumus menemukan nilai kesalahan.

Contoh Nilai Kesalahan Pada Excel


Jika suatu bilangan dibagi dengan angka nol, maka akan mengevaluasi terjadinya kesalahan pada rumus di excel, karena pada operasi aritmatika jika suatu bilangan dibagi dengan nol akan menghasilkan nilai tak terhingga.

Hal yang sama juga terjadi pada aplikasi ms.excel, jika suatu bilangan dibagi dengan angka nol maka rumus excel akan mengembalikan nilai #DIV/0! seperti pada contoh gambar fungsi iferror 1 dibawah ini.

cara menggunakan fungsi iferror di excel
Fungsi Iferror 1

Operasi aritmatika yang digunakan pada sel-sel yang terdapat pada kolom C adalah membagi nilai pada sel-sel kolom A dengan sel-sel nilai kolom B.

Untuk mengatasi nilai yang dikembalikan jika terjadi kesalahan dengan nilai yang kita inginkan, sobat bisa menambahkan penggunaan fungsi iferror.

Contoh cara penggunaan fungsi iferror pada operasi pembagian contoh diatas, bisa sobat lihat pada gambar fungsi iferror 2 dibawah ini.

cara menggunakan fungsi iferror di excel
Fungsi Iferror 2

Dengan menggunakan fungsi iferror, maka nilai yang akan dikembalikan bisa disesuaikan dengan keinginan kita, contoh rumus formula pada sel C2 adalah :

=IFERROR(A2/B2,"Pengganti")

Dengan formula ini rumus akan mengembalikan hasil pada sel C2 nilai dari sel A2 dibagi dengan nilai dari sel B2 jika tidak terjadi kesalahan.
Sedangkan jika terjadi kesalahan maka akan mengembalikan sebuah string teks jika terdapat tanda "" dan akan mengembalikan sebuah nilai bilangan jika tidak terdapat tanda "".




Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon