Tuesday, 29 May 2018

Fungsi Averageif & Averageifs di Excel

Untuk menghitung jumlah rata-rata pada aplikasi ms.excel digunakan suatu function yaitu fungsi average, jika dalam mencari nilai rata-rata diperlukan syarat dan ketentuan maka bisa digunakan fungsi averageif dan averageifs.
Fungsi-fungsi ini merupakan pengembangan dari fungsi dasar average yaitu sebuah fungsi yang digunakan untuk menghitung jumlah rata-rata dalam rentang sel yang ditentukan.


1. Fungsi Averageif


Fungsi ini digunakan untuk untuk mengembalikan atau menghitung rata-rata dari argument dalam rentang array yang ditentukan dengan satu kriteria.
Sintaksnya adalah AVERAGEIF(range, criteria, [average_range])
  • Range merupakan rentang sel yang akan dihitung nilai rata-ratanya.
  • Criteria merupakan kondisi yang ditentukan untuk menghitung nilai rata-rata bisa berupa angka, ekspresi, teks maupun referensi sel.

Berikut ini adalah simulasi mencari nilai rata-rata bersyarat di excel dengan menggunakan fungsi averageif seperti pada data gambar fungsi averageif dibawah ini..
Pada tabel yang atas terdapat sebuah tabel data yang terdiri dari lima kolom yaitu kolom lokasi barang (kolom A), kolom kode barang (Kolom B), kolom jumlah (Kolom C), kolom harga jual (Kolom D), kolom total (Kolom E).
Dari tabel tersebut kita akan mencari nilai rata-rata jumlah pada kolom C (sel C2:C10) dengan kriteria nilai jumlah lebih kecil (<) dari 5.
Apabila dengan cara manual, nilai rata-rata ini diperoleh dari menghitung jumlah nilai pada kolom C yang bernilai kurang dari 5 (sel E13) dibagi dengan jumlah sel pada kolom C yang bernilai kurang dari 5 (sel E14) maka hasilnya ditunjukkan pada sel E15.
cara menggunakan averageif untuk menghitung nilai rata-rata di excel
Fungsi Averageif
Dengan menggunakan fungsi averageif, penghitungan dengan cara manual ini bisa diganti dan mendapatkan hasil yang sama pada sel E16 dengan formula =AVERAGEIF(C2:C10,"<5").
Penjabaran dari rumus formula averageif adalah :
  • =AVERAGEIF merupaka fungsi yang digunakan.
  • C2:C10 merupakan rentang sel yang dihitung nilai rata-ratanya.
  • “<5” merupakan kriteria yang dihitung dengan menggunakan fungsi averageif.

2. Fungsi Averageifs


Fungsi ini digunakan untuk untuk mengembalikan atau menghitung rata-rata dari argument dalam rentang array yang ditentukan dengan lebih dari satu kriteria.

Sintaksnya adalah AVERAGEIFS(average_range, criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], ...)

Untuk cara penggunaannya bisa dilihat pada contoh gambar fungsi averageifs dibawah ini, pada gambar terdapat sebuah tabel data yang terdiri dari lima kolom yang sama dengan contoh fungsi averageif diatas.Berikut adalah contoh rumus formula pada sel E13 untuk menghitung nilai rata-rata jumlah yang terjual (kolom C) berdasarkan kode barang yang terjual adalah item 3 dan lokasi barang adalah gudang 1
=AVERAGEIFS(C2:C10,B2:B10,"Item 3",A2:A10,"Gudang 1")

Dengan rincian sebagai berikut :
  • C2:C10 nilai yang akan dihitung jumlah rata-ratanya jika memenuhi syarat-syarat yang diberikan.
  • B2:B10,"Item 3" syarat atau kriteria pertama adalah penjualan item 3 pada array B2:B10.
  • A2:A10,"Gudang 1" syarat atau kriteria kedua adalah penjualan dari gudang 1 pada array A2:A10.
Dengan menggunakan rumus formula tersebut, maka jumlah yang memenuhi kriteria pada sel E13 adalah nilai pada sel C8 ditambah dengan nilai pada sel C9 sehingga menjadi (2+4) = 6 dibagi 2 menjadi rata-rata 3. 

cara menggunakan averageifs untuk menghitung nilai rata-rata di excel
Fungsi Averageifs
Dengan menggunakan fungsi averageifs dapat dilihat contoh hasil yang didapat sebagai berikut :
  • Pada sel E14 yaitu nilai rata-rata harga jual (kolom D) berdasarkan kode barang yang terjual adalah item 3 dan lokasi barang adalah gudang 1dengan menggunakan rumus formula
    • =AVERAGEIFS(D2:D10,B2:B10,"Item 3",A2:A10,"Gudang 1")
    • Rumus ini akan mendapatkan nilai rata-rata 21.000 yaitu dari nilai 21.000 (D8) ditambah dengan 21.000 (D9) dibagi 2.
  • Pada sel E15 yaitu nilai rata-rata total jual (kolom E) berdasarkan kode barang yang terjual adalah item 3 dan lokasi barang adalah gudang 1dengan menggunakan rumus formula
    • =AVERAGEIFS(E2:E10,B2:B10,"Item 3",A2:A10,"Gudang 1")
    • Rumus ini akan mendapatkan nilai rata-rata 63.000 yaitu dari nilai 42.000 (E8) ditambah dengan 84.000 (E9) dibagi 2.


Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon