Menggabungkan Fungsi If dan Vlookup di Excel

Dalam mencari sebuah data pada aplikasi ms.excel yang berbentuk kolom (vertical) digunakan fungsi (function) vlookup.
Jika dalam penggunaan fungsi vlookup tersebut dibutuhkan syarat-syarat untuk pencarian data, maka sobat bisa menggabungkan penggunaan fungsi vlookup dengan fungsi if.

Cara Menggabungkan Fungsi Vlookup Dengan Fungsi If


Hal yang perlu diperhatikan pada rumus penggabungan ini adalah sebuah pertanyaan seperti ini : jika logical test bernilai benar maka lakukan vlookup, sedangkan jika logical test bernilai salah maka kembalikan nilai yang ditentukan.
Contoh penggunaan penggabungan fungsi ini, sobat bisa perhatikan pada gambar if vlookup 1 dibawah ini.
Pada tabel pertama sebelah kiri terdapat sebuah data yang terdiri dari 3 kolom.
  • Kolom A berisi kode barang
  • Kolom B berisi jumlah
  • Kolom C berisi status
Sedangkan pada tabel kedua di sebelah kanan, akan dilakukan vlookup pada tabel sebelah kiri dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Pada kolom F akan dicari nilai jumlah pada kolom B berdasarkan kesamaan kode pada kolom E dengan kolom A dengan syarat :
    • Jika status pada kolom C adalah Aktif, maka akan dikembalikan nilai dengan rumus vlookup.
    • Jika status pada kolom C Tidak Aktif maka akan dikembalikan nilai default (FALSE )
cara menggabungkan fungsi if dan fungsi vlookup
If Vlookup 1

Berikut contoh rumus formula pada sel F2 untuk menggabungkan fungsi if dengan fungsi vlookup=IF(C2="aktif",VLOOKUP(E2,A2:C5,2,0))
  1. =IF(C2="aktif" merupakan logical _test pada fungsi if (apakah sel isi sel C2 adalah aktif) jika ya (TRUE) lakukan vlookup (tulisan biru) jika tidak (FALSE) kembalikan nilai FALSE.
  2. VLOOKUP(E2,A2:C5,2,0) merupakan fungsi vlookup yang akan dieksekusi jika sel C2 berisi aktif. karena sel C2 adalah aktif maka dengan fungsi vlookup dikembalikan nilai 1.
Contoh penggabungan fungsi diatas adalah tidak memberikan argument apapun pada saat logical_test fungsi if bernilai FALSE, hal ini menyebabkan apabila status pada kolom C bukan merupakan "aktif" maka nilai yang dikembalikan adalah FALSE seperti pada hasil sel F3 dan sel F5.

Bagaimana jika pada logical_test bernilai FALSE hasil yang akan dikembalikan berisi strings teks yang ditentukan sesuai dengan keinginan seperti contohnya "tidak aktif"

Untuk mendapatkan atau mengembalikan nilai strings teks sesuai dengan keinginan tersebut, maka sobat bisa menambahkan strings teks secara langsung atau mengacu kepada sel yang ditentukan.Contoh rumus dengan hasil seperti ini bisa diperhatikan pada gambar if vlookup 2 dibawah ini.

menggabungkan fungsi if dan fungsi vlookup
If Vlookup 2
Dengan logika yang sama dengan contoh cara penggabungan yang pertama diatas, rumus formula untuk penggabungan dengan memberikan nilai pada kondisi if bernilai false adalah :

=IF(C2="aktif",VLOOKUP(E2,A2:C5,2,0)"Tidak Aktif")

KESIMPULAN


Pengunaan fungai if yang digabungkan dengan fungsi vlookup ini bisa sobat jadikan sebuah template untuk memudahkan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan pengambilan data bersyarat.




Mungkin Yang Anda Cari:

Post a Comment for "Menggabungkan Fungsi If dan Vlookup di Excel"