Menghitung Jumlah Karakter di Excel


Fungsi len merupakan salah satu function yang terdapat pada aplkasi ms.excel yang berguna untuk menghitung banyaknya jumlah karakter pada suatu string teks.
SIintaks Fungsi Len

LEN(teks)
  • teks merupakan sebuah strings teks pada suatu sel  yang akan dihitung jumlah karakternya.

1. Fungsi Len


Manfaat penggunaan fungsi len ini adalah menghemat waktu jika dibandingkan harus menghitung satu per satu karakter pada suatu strings teks jika diperlukan.
Sebagai contoh menghitung jumlah karakter pada masing-masing strings teks contoh gambar fungsi len 1 dibawah ini.
Masing-masing string teks mempunyai kalimat yang sama yaitu SATU DUA TIGA dengan jumlah spasi yang berbeda antara pemisah masing-masing kata.

Pada aplikasi ms.excel khususnya yang berhubungan dengan rumus pada strings teks, bahwa satu spasi akan dihitung sebagai satu karakter.

Hal ini akan menyebabkan perbedaan hasil yang dikembalikan (jumlah karakter yang dikembalikan) menggunakan fungsi len walaupun mempunyai kalimat yang sama.

cara menghitung jumlah karakter di excel
Fungsi Len 1

Dari contoh pada gambar diatas, pada kolom B merupakan jumlah karakter yang dikembalikan dari strings teks pada kolom A dengan rumus formula yang ditampilkan pada kolom C.

Jadi jumlah karakter pada strings teks sel A5 jika dihitung adalah 16 karakter dengan menggunakan rumus formula pada sel B5 

=LEN(A5)

Bagaimana jika hanya menghitung jumlah karakter yang ada dengan mengabaikan kelebihan jumlah spasi pada masing-masing pemisah antar kata ?

Untuk menghitung seperti ini sobat bisa menggabungkan penggunaan fungsi len dengan fungsi trim.

1. Fungsi Len Dan Trim


Penggabungan penggunaan fungsi-fungsi ini akan menghitung banyaknya jumlah karakter dan mengabaikan kelebihan spasi diantara masing-masing kata.

Berikut ini adalah contoh cara menggabungkan fungsi len dengan fungsi trim seperti terlihat pada gambar fungsi len 2 dibawah ini.

fungsi len di excel
Fungsi Len 2

Dengan contoh data yang sama, nilai yang dikembalikan dari strings teks pada kolom A dengan mengabaikan spasi yang berlebih adalah sama.

Contoh rumus formula menghitung jumlah karakter seperti ini pada sel B2 adalah :

=LEN(TRIM(A2))

Kesimpulan


Dengan menggunakan fungsi len, menghitung jumlah karakter pada suatu strings teks atau kalimat bisa dengan semua spasi maupun menghilangkan kelebihan spasi yang terdapat pada kalimat tersebut.



Mungkin Yang Anda Cari:

Post a Comment for "Menghitung Jumlah Karakter di Excel"