Tuesday, 22 May 2018

Cara Print Satu Halaman di Excel

Untuk melakukan print sebuah data di Microsoft excel terkadang pada saat print preview halaman yang akan kita cetak ternyata hanya lewat sedikit pada batas bawah dan batas kanan sehinggan data yang diprint menjadi lebih dari satu lembar halaman.

Seperti sebuah data pada gambar dibawah ini, saya mempunyai data sampai baris 49 dan kolom G, untuk baris 48 dan 49 ternyata melewati batas bawah untuk 1 kertas walaupun untuk baris lebih dari satu kertas masih bagus untuk dipandang tetapi kurang efisiensi rasanya. Sedangkan kelebihan pada kolom G akan membuat hasil cetak pada kolom G menjadi terpisah dengan kolom A sampai kolom F, tentunya ini sangat tidak bagus untuk dipandang.

cara print satu halaman penuh

Untuk mengakali hal ini mungkin bisa dengan memperkecil batas atas, bawah dan kiri maupun kanan, akan tetapi kalo batasnya sudah diambang batas tentu diperlukan cara lain untuk mengakali hal tersebut.

cara print satu halaman

Untuk itu sobat excel bisa menggunakan Page Break Preview untuk mencetak ke dalam satu lembar halaman, dari menu bar sobat excel pilih view kemudian cari Page Break Preview maka akan tampil gambaran seperti diatas. Selanjutnya sobat excel geser ke kanan garis biru putus putus diantara kolom F dan kolom G sampai menumpuk dengan garis biru tebal paling kanan, langkah serupa juga dilakukan untuk garis biru putus-putus pada antara baris 47 dan baris 48 digeser ke garis biru tebal baris 49 paling bawah.

cara print satu halaman di microsoft office excel

Selanjutnya apabila lembar kerja (worksheet) sobat excel sudah nampak seperti gambar diatas, maka data sudah siap untuk dicetak menjadi 1 lembar cetakan.

Ok sobat Excel demikian pengalaman saya mengenai cara print satu halaman penuh di Microsoft excel, kalo ada sobat yang bertanya atau belum mengerti bisa bertanya di kolom komentar dan jika ada sobat Excel yang mempunyai pengalaman lebih mohon untuk bersedia berbagi pengalaman bersama.



Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon