Tuesday, 22 May 2018

Tools Untuk Menghapus Data Duplikat


Sebuah data kadang mempunyai banyak data yang sama atau data duplikat, untuk mendapatkan data yang unik kita harus menghapus data yang sama tersebut. Sebelumnya saya sempat menghapus data yang sama dengan menggunakan Conditional Formatting pada tulisan Mencari Duplikasi Data Pada Excel.

Baca juga cara menghapus baris dan kolom di Delete Entire Row & Column di Excel.

Penghapusan data yang sama atau duplikat data kali ini saya akan menggunakan Data Tools pada Microsoft excel, sobat excel bisa perhatikan pada gambar dibawah terdapat nomor handphone yang sama / duplikat dari sekian banyak list nomor handphone. Tetapi pada contoh ini nomor handphonenya saya ganti dengan nomor contoh agar tidak terjadi penyalahgunaan informasi.

tutorial cara menghapus duplikat data dengan data tools

Untuk menghapus data yang sama ternyata caranya sangat mudah sobat excel, dengan menggunakan data tools penghapusan data akan dapat dilakukan dengan cepat. Dari menu bar sobat excel pilih data kemudian cari Remove Duplicates maka akan muncul form remove duplicates seperti pada tampilan gambar di bawah ini.

cara menghapus duplikat data dengan data tools di microsoft office excel

Selanjutnya tinggal klik ok maka data yang sama atau duplikat akan terhapus dan muncul informasi jumlah data sama yang ditemukan dan dihapus beserta jumlah data yang mempunyai nilai unik atau tidak sama.

cara menghapus duplikat data dengan data tools

Sobat excel juga bisa menggunakan fungsi exact untuk mencari data yang sama atau duplikat data.
Ok sobat Excel demikian pengalaman saya menghapus duplikasi data menggunakan data tools, kalo ada sobat yang bertanya atau belum mengerti bisa bertanya di kolom komentar dan jika ada sobat Excel yang mempunyai pengalaman lebih mohon untuk bersedia berbagi pengalaman bersama.


Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon