Tuesday, 22 May 2018

Fungsi Left, Mid, Right di Excel

Pada saat mengolah data menggunakan aplikasi ms.excel, seringkali kita dihadapkan pada pengambilan karakter maupun teks baik dari kiri, tengah, maupun bagian kanan dari suatu strings teks yang digunakan untuk berbagai keperluan.

Pengambilan karakter dengan cara ini bisa dilakukan dengan fungsi left untuk mengambil dari kiri, fungsi mid untuk mengambil dari tengah, dan fungsi right untuk mengambil dari kanan sesuai dengan kebutuhan darimana karakter teks tersebut akan diambil.

1. Fungsi Left


Fungsi left pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter dimulai dari kiri di dalam string teks berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan. 

Sintaksnya adalah LEFT(teks, [num_chars]) dimana :
  • Teks merupakan string yang akan diambil atau diekstrak.
  • Num_chars  adalah jumlah karakter yang akan diambil dari kiri (nilainya lebih besar dari 0, apabila tidak diisi maka akan dianggap karakter pertama atau bernilai 1.

Contoh Penggunaan Fungsi left


Untuk mengambil kata atau karakter dari kiri menggunakan fungsi left ini, sobat bisa perhatikan pada gambar fungsi left dibawah ini,
  • Kolom A merupakan strings teks contoh data yang akan diambil karakternya menggunakan fungsi left.
  • Kolom B merupakan contoh hasil data dari penggunaan fungsi left.
  • Kolom C merupakan contoh rumus formula yang digunakan pada kolom B.
cara menggunakan fungsi left pada microsoft office excel
Fungsi Left
  1. Pada cell B2 dengan formula =LEFT(A2) : akan mengembalikan string teks pada cell A2 dari kiri sebanyak 1, karena pada formula ini Num_chars tidak diisi maka secara default akan bernilai 1.
  2. Pada cell B3 dengan formula =LEFT(A3,5) : akan mengembalikan string teks pada cell A3 dari kiri sebanyak 5 karakter.
  3. Pada cell B4 dengan formula =LEFT(A4,8) : akan mengembalikan string teks pada cell A4 dari kiri sebanyak 8, karena pada string teks terdapat spasi maka 1 spasi dihitung satu karakter teks.

2. Fungsi Mid

Fungsi mid pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter tertentu dari string teks atau di tengah string teks dimulai dari dan panjang karakter yang ditentukan. 

Sintaksnya adalah MID(text, start_num, num_chars) dimana :
  • Teks merupakan string yang akan diambil atau diekstrak.
  • start_num merupakan tempat dimulainya pengambilan karakter atau string.
  • num_chars adalah jumlah karakter yang akan dikembalikan.

Contoh Penggunaan Fungsi Mid


Untuk mengambil kata atau karakter dari tengah menggunakan fungsi mid ini, sobat bisa perhatikan pada gambar fungsi mid dibawah ini.

cara menggunakan fungsi mid di microsoft office excel
Fungsi Mid
  1. Pada cell B2 dengan formula =MID(A2,1,5) : fungsi ini akan mengembalikan string teks pada cell A2 dimulai dari karakter 1 (pertama) sebanyak 5 karakter.
  2. Pada cell B3 dengan formula =MID(A3,4,4) : fungsi ini akan mengembalikan string teks pada cell A3 dimulai dari karakter 4 (empat dari kiri) sebanyak 4 karakter. Karena ada spasi maka 1 spasi juga dihitung 1 karakter.
  3. Pada cell B4 dengan formula =MID(A4,9,4) : fungsi ini akan mengembalikan string teks pada cell A4 dimulai dari karakter 9 (sembilan karakter dari kiri) sebanyak 4 karakter. Spasi pada H dan I terdapat 2 spasi.

3. Fungsi Right


Fungsi right pada excel ini digunakan untuk mengembalikan karakter dimulai dari kanan dalam string teks berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan.
Sintaksnya adalah RIGHT(text,[num_chars]) dimana :
  • Teks merupakan string yang akan diambil atau diekstrak.
  • Num_chars  adalah jumlah karakter yang akan diambil dari kanan (nilainya lebih besar dari 0, apabila tidak diisi maka akan dianggap karakter pertama dari kanan atau bernilai 1.

Contoh Penggunaan Fungsi Right


Untuk mengambil kata atau karakter dari kanan menggunakan fungsi right ini, sobat bisa perhatikan pada gambar fungsi right dibawah ini.

cara menggunakan fungsi right di microsoft office excel
Fungsi Right
  1. Pada cell B2 dengan formula =RIGHT(A2) : akan mengembalikan string teks pada cell A2 dari kanan sebanyak 1, karena pada formula ini Num_chars tidak diisi maka secara default akan bernilai 1.
  2. Pada cell B3 dengan formula =RIGHT(A3,4) : akan mengembalikan string teks pada cell A3 dari kanan sebanyak 4 karakter.
  3. Pada cell B4 dengan formula =RIGHT(A4,10) : akan mengembalikan string teks pada cell A4 dari kanan sebanyak 10, karena pada string teks terdapat spasi maka 1 spasi dihitung satu karakter teks.




Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon