Thursday, 24 May 2018

Fungsi Entire Row di Excel

Entire Row merupakan sebuah tools yang digunakan pada aplikasi ms.excel yang berkaitan dengan baris. Entire row ini dapat digunakan pada saat menambah atau menghapus baris.

Berikut ini adalah contoh simulasi penggunaan entire row pada insert dan delete

1. Insert Entire Row


Pilihan ini digunakan untuk menambah satu /lebih baris dari ujung kiri sampai ujung kanan. Manfaat penggunaan insert row ini adalah pada saat penyisipan data.

Insert ini akan membuat data pada tempat dilakukannya penambahan baris akan digeser kebawah dan berada pada baris baru yang masih kosong.

Untuk menambah baris dari ujung kiri sampai ujung kanan, bisa dilakukan penambahan satu baris atau lebih dari satu baris.

Insert Entire Row Satu Baris


Cara ini hanya akan menambahkan satu baris pada posisi yang ditentukan. Misalnya kita akan menambah satu baris baru dibawah deretan angka 2 dan diatas deretan angka 3 gambar insert entire row 1 dibawah ini.

fungsi entire row
Insert Entire Row 1

Cara Menambah insert entire row ini ada beberapa cara yaitu :
  • Klik kanan pada angka bar sebelah kiri, misalnya pada contoh diatas adalah angka 4 kemudian klik insert maka akan muncul sebuah baris baru.
  • Klik kanan dengan mouse atau tekan tombol Shift+F10 secara bersamaan pada salah satu sel yang diwarnai biru diatas kemudian pilih insert lalu entire row.
  • Tekan tombol Alt+I secara bersamaan kemudian dilepas dan tekan tombol R pada salah satu sel / rentang sel yang diwarnai biru diatas.
  • Tekan tombol ALT+I secara bersamaan kemudian dilepas dan tekan tombol E kemudian pilih Entire Row (atau tekan tombol R) lalu klik OK.

Berikut adalah contoh hasil baris dan data setelah dilakukan insert entire row, terlihat baris baru yang dibuat adalah pada baris 4.

Data yang sebelumnya ada pada baris ke 4 (deretan angka 3 berwarna biru) akan digeser kebawah baris barus yang dibuat.

cara menggunakan fungsi entire row di excel
Insert Entire Row 2

Insert Entire Row Lebih Dari Satu Baris


Untuk menambah baris lebih dari satu baris, cara yang digunakan sama seperti cara menambah / insert dengan satu baris.

Hal yang membedakan hanya pada jumlah baris yang ditambahkan, jika akan ditambahkan adalah dua baris maka data yang diblok adalah dua baris, sedangkan jika baris yang ditambahkan adalah tiga baris maka data yang dipilih pada saat insert adalah tiga baris.

Kendala Pada Insert Entire Row


Jika pada insert entire row terjadi error / kesalahan, maka kemungkinan yang terjadi adalah jumlah baris sudah berisi semua atau penuh.

Untuk mencoba bahwa yang menyebabkan tidak bisa insert entire row karena baris penuh, sobat bisa mencoba menghapus baris paling bawah dan ulangi lagi menambah baris dengan insert entire row.

2. Delete Entire Row


Fungsi delete ini merupakan kebalikan dari fungsi insert, jadi dengan menggunakan opsi entire row pada saat melakukan delete, maka data pada baris yang dihapus dari dari ujung kiri sampai ujung kanan.

Dengan menggunakan opsi delete entire row ini, maka baris data dibawah baris yang dihapus akan bergeser keatas mengisi baris data yang dihapus.

Penghapusan baris dengan entire row ini juga dapat dilakukan satu baris atau lebih dari satu baris, berikut adalah contoh penghapusan baris menggunakan delete entire row dan kaitannya dengan baris data dibawahnya.

delete entire row
Delete Entire Row 1

Pada contoh gambar delete entire row 1 diatas merupakan cara menghapus satu buah baris yaitu deretan angka 2 berwarna kuning pada baris 3.

Contoh hasil data setelah dilakukan penghapusan baris menggunakan delete entire row dapat dilihat pada gambar delete entire row 2 dibawah ini.

cara menggunakan delete entire row pada excel
Delete Entire Row 2
Terlihat bahwa deretan angka 3 yang sebelumnya ada pada baris ke 4, sekarang bergeser mengisi baris 3 yang sebelumnya berisi deretan angka 2.


Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon