Thursday, 24 May 2018

Fungsi Average dan Averagea di Excel

Fungsi average merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengembalikan rata-rata dari suatu argumen dalam rentang sel yang ditentukan.
Jika dalam mencari nilai rata-rata pada suatu array terdapat satu atau lebih sel yang kosong, untuk mengabaikan sel yang kosong dalam pembagian dapat digunakan fungsi averagea.

1. Fungsi Average


Fungsi ini akan mencari nilai rata-rata atau yang biasa disebut dengan mean, secara manual rumus mencari nilai rata-rata ini adalah jumlah seluruh data dibagi dengan banyaknya data.



Jumlah Seluruh Data
Rata-rata =
-------------------------

Bayaknya Data

Sintaks Fungsi Average

AVERAGE(number1, [number2], ...)
  • number1 merupakan nilai pertama dari rentang sel yang akan dipilih
  • number2 dan seterusnya merupakan rentang sel yang akan dipilih nilai rata-ratanya
Berikut ini merupakan sebuah contoh data yang akan dicari nilai rata-ratanya, pada gambar fungsi average di bawah ini akan dicari rata-rata dari rentang sel B2:B6

fungsi average dan averagea
Fungsi Average
Nilai total dari rentang sel B2:B6 adalah 15, secara manual cara menghitung nilai rata-rata ini adalah dengan membagi jumlah seluruh data (15) / jumlah data (5) = 3.

Dengan menggunakan fungsi average, maka sobat dapat menuliskan rumus formulanya pada sel B8

=AVERAGE(B2:B6)

Rumus fungsi average akan memberikan hasil yang sama dengan cara manual diatas.

2. Fungsi Averagea


Fungsi averagea mempunyai manfaat yang sama dengan penggunaan fungsi average diatas, yaitu menghitung nilai rata-rata dalam rentang sel yang dipilih.

Perbedaan antara fungsi average dengan averagea adalah apabila fungsi average akan mengabaikan perhitungan jumlah dalam sel yang bukan merupakan angka, sedangkan fungsi average akan menghitung jumlah dalam sel yang bukan angka.

Contoh penggunaan fungsi averagea bersama dengan perbedaannya dengan fungsi average, sobat dapat lihat pada gambar fungsi averagea dibawah ini.

cara menghitung nilai rata-rata di excel
Fungsi Averagea

Pada contoh diatas rentang sel yang akan dipilih dengan menggunakan average dan averagea adalah sama yaitu rentang B2:B6.

Dengan menggunakan fungsi averagea maka jumlah yang akan didapatkan adalah jumlah angka dari array (10) dibagi dengan banyaknya sel yang digunakan dalam array (5).

Jadi pada sel B9 dengan rumus =AVERAGEA(B2:B6) akan menghasilkan 10/5=2.

Sedangkan jika menggunakan fungsi average, jika terdapat nilai bukan angka pada salah satu sel dalam rentang sel yang dipilih, maka fungsi ini akan mengabaikan sel tersebut dalam jumlah data pembagi.

Dengan menggunakan fungsi average pada contoh data yang sama, maka rumus formula =AVERAGE(B2:B6) akan menghasilkan nilai 2.5 yaitu 10/4 karena sel B6 tidak dihitung.

Kesimpulan


Dengan menggunakan fungsi average dan averagea, maka akan membantu pengerjaan pada aplikasi ms.excel yang berhubungan dengan angka-angka statistik.



Mungkin Yang Anda Cari:


EmoticonEmoticon