Fungsi-Fungsi Teks Pada Excel

Fungsi atau function dalam excel sangat penting dalam pekerjaan sehari-hari, bahkan hampir setiap pekerjaan yang menggunakan aplikasi ms.excel identik dengan penggunaan fungsi karena mampu menghemat waktu dalam pekerjaan.

1. Contoh Beberapa Fungsi Kategori Teks Pada Excel

  • FUNGSI CONCATENATE yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk menggabungkan item-item baik yang berupa teks, angka, referensi sel atau kombinasi dari item-item tersebut ke dalam satu string teks hingga mencapai 225 string teks. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi Concatenate pada Excel.
  • FUNGSI LEFT yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengembalikan karakter pertama atau beberapa karakter dalam string teks dari posisi paling kiri berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi left pada Excel.
  • FUNGSI RIGHT yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengembalikan karakter terakhir atau beberapa karakter dalam string teks dari posisi paling kanan berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi right pada Excel.
  • FUNGSI MID yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengembalikan karakter dari tengah atau sebuah string yang posisi mulainya dan jumlah karakternya ditentukan. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi mid pada Excel.
  • FUNGSI LOWER yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengubah semua string teks menjadi huruf kecil dalam string teks. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi lower pada Excel.
  • FUNGSI PROPER yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengubah semua string teks menjadi professional teks yaitu setiap string teks diawali dengan hufur besar dan diikuti dengan huruf kecil. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi proper pada Excel.
  • FUNGSI UPPER yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk mengubah semua string teks menjadi huruf besar dalam string teks. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi upper pada Excel.
  • FUNGSI TRIM yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk menghapus semua string teks kecuali string tunggal diantara kata-kata atau string teks. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi trim pada Excel.
  • FUNGSI LEN yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk menghitung jumlah karakter dari string teks yang ditentukan. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi len pada Excel.
  • FUNGSI FIXED yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk membulatkan angka ke jumlah desimal yang ditentukan serta memformat angka kedalam bentuk desimal dengan menggunakan titik dan koma. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi fixed pada Excel.
  • FUNGSI EXACT yaitu sebuah fungsi yang berfungsi untuk membandingkan dua string teks dan mengembalikan nilai TRUE jika sama persis atau identik dan mengembalikan nilai FALSE jika tidak sama. Contoh dengan gambarnya bisa dibaca di fungsi exact pada Excel.

2. Cara menggunakan fungsi pada excel

  • Dari Menu Bar Formula, cara ini akan memunculkan form function argumen yang akan menampilkan formula result untuk hasil sementara.
cara menggunakan fungsi text di excel
Contoh Menu Bar
  • Dengan Insert Function, dengan cara ini akan memunculkan form insert function, setelah memilih salah satu function maka akan memunculkan form function argument seperti pada cara sebelumnya.
cara menggunakan insert function di excel
Contoh Insert Function
  • Dengan mengetikkan langsung sama dengan (=), cara ini adalah cara yang paling sering digunakan apabila sudah mengetahui function yang akan digunakan. juga digunakan untuk membuat formula dengan menggabungkan beberapa fungsi.
cara menggunakan rumus formula di excel
Contoh Mengetik Langsung




Mungkin Yang Anda Cari:

Post a Comment for "Fungsi-Fungsi Teks Pada Excel"