Sunday, 17 June 2018

Pidato : Sambutan Kades Lantik Pengurus Karang Taruna Baru

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

 Assalamu 'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh..

Yang saya Hormati, para Alim, Para sesepuh, para alim ulama dan tokoh masayarakat dan Insya Allah dimulikan oleh Allah,
Para pemuda/i yang saya banggakan, serta pengurus baru karang taruna juga para tamu undangan yang dimuliakan oleh Allah.

Pertama tama mari kita Panjatkan Puji dan Syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas NikmatNyalah kita bisa melaksanakan kegiatan ini, yakni pelantikan pengurus baru karang Taruna, solawat dan salam semoga terlimpahkan pada Nabi Kita Muhammada SAW, kepada Keluarganya, Shahabatnya, pengikutnya hingga pada kita semua.

Pengurus Baru karang taruna yang saya banggakan,
Dalam menjalankan tugas sosial terutama bidang kepemudaan, kami pihak aparat desa sangat mempercayakan kepada pemuda, karena berkaitan dengan produktifitas pemikiran, agresifitas, serta kemampuan pemuda, dalam melakukan sebuah tindakan, pekerjaan, sebab pemuda akan lebih teapt dan cerdas dalam mengambil sikap, disisi lain pemuda juga sangat mengenal dan akrab dengan pemuda lainnya, hingga dalam menuangkan sebuah pemsalahan, mengadu atau bercurhat pemuda akan lebih nyaman degan seusianya, maka itu urusan pemuda saya serahkan kepada pemuda karang taruna, bukan berarti kami aparat desa ingin melepas tanggung jawab atas kewenangan sebagai pemerintah desa, kami wajib melayani masyarakat dan pemuda didalamnya, pemerintah desa melayani pemuda sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal-hal yang terkait kewenangan pemerintah desa akan kami urus sampai tuntas.

Berkaitan dengan acara pada hari ini yakni pelantikan pengurus baru karang taruna, kami berharap kepada beberapa elemen masyarakat, terutama tokoh masyarakat, sesepuh dan alim ulama, mohon berikan mereka (pengurus karang taruna baru) bimbingan, pandangan, pendewasaan, dan sebagainya, serta kepada seluruh pemuda lainnya di desa ini, dan kepada para pemuda jangan sungkan untuk meminta pandangan kepada beliau-beliau yang lebih tua, serta memiliki pengalaman lebih.

Kami memiliki pesan moral bagi para pemuda, khususnya ketua dan pengurus baru karang taruna, terutama dalam unsur keributan, kekerasan, dan sebagainya, setidaknya bisa berkoordinasi dengan baik dengan pemerintah desa, karena saat ini banyak sekali keributan, bentrok antar warga, dan sebagainya yang berasal dari pemuda, kami juga mengecam keras adanya seks bebas, naroba dan minuman keras yang biasanya menjadi konsumsi negatif pemuda, untuk itu kami meminta kepada pengurus karang taruna baru agar bersikap positif demi kemajuan desa kita yang tercinta ini.

Para Hadirin, Undangan yang saya hormati,
Dihari ini, tanggal......... Bulan......... Tahun......... saya selaku kepala Desa/Kuwu..... desa/kelurahan....... Kecamatan......... Kabupaten/ Kota.......... secara resmi melantik pengurus baru karang taruna, adapun mengenai berita acara dan peng SKan pengurus baru diharapkan secepatnya di selesaikan dalam waktu singkat karena berkaitan banyak pekerjaan lain bagi pemerintah desa yang perlu ditangani.

Sekian dari selaku kepala Desa/kelurahan....... Kecamatan......... Kabupaten/ Kota..........terima kasih atas perhatiannya, kata terakhir saya ucapkan khusu untuk pemuda, Bangkitlah, Maju, dan jayalah pemuda bangsa dengan penuh prestasi.. akirul kalam saya ucapkan.

 Wassalamu 'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh..


Mungkin Yang Kamu Cari:

     


EmoticonEmoticon