Tuesday, 12 June 2018

Pidato Bertema " BERBAKTI KEPADA ORANG TUA "

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.
 
Pidato Bertema " BERBAKTI KEPADA ORANG TUA " - Islam menjadikan berbakti kepada kedua orang tua sebagai sebuah kewajiban yang sangat besar. Berbakti kepada kedua orangtua bisa diwujudkan dengan cara senantiasa mengasihi, menyayangi, mendoakan, taat dan patuh, melakukan hal-hal yang membahagiakan hati serta menjauhi hal-hal yang tidak disukai oleh mereka. Inilah yang dimaksud dengan birrul walidain.





Berkenaan dengan hal itu, maka mediapidato.com pada kesempatan kali ini akan memberikan materi atau contoh pidato Berbakti Kepada Orang Tua


اَلسَّـلاَمُ عَلَيْـكُمْ وَرَحْـمَةُ الـلَّهِ وَبَرْ كَا تُهْ
اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالمَِيْنَ وَالصَّلاَ ةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى اَشْرَفِ اْلاَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا وَحَبِِيْبِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن اَمَّابَعْدُ


Hadarotil Mukarromin para alim ulama’ yang saya ta’dzimi,


Yang saya ta’dzimi Keluarga besar yayasan pendidikan Miftahul Huda

Yang saya ta’dzimi Kepala MI Miftahul Huda dan seluruh dewan asatidz serta hadirin para undangan bapak ibu yang saya hormati.
Tak lupa juga kepada teman-temanku di MI Miftahul Huda yang berbahagia.


Syukur Alhamdulillah marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat wal afiat sehingga kita bias bermuwajjahah di tempat yang mubarokah ini dalam rangka persiapan haflatul imtihan.Sholawat beserta salam semoga tetap tercurahlimpahkan ke haribaan baginda rosulullah SAW sang proklamator islam yang telah menggiring umat manusia dari alam kejahilan hingga alam yang terang menderang yaitu agama Islam.

Hadirin rahimakullah
Teman teman ……….

Kita sebagai umat islam tentunya ingin menjalani hidup dengan jalan yang lurus yang diridho’i oleh Allah SWT.sedangkan ridho’ allah itu hanya dapat diperoleh dengan melakukan birrul walidain.hai temen-temen apa itu birrul walidain itu??????…… temen-temen ada yang tahu????????

Temen-temen……….

Birrul walidain adalah berbuat baik kepada kedua orang tua baik ayah atau ibu.ingatlah,,,,orang tua telah membesarkan kita,,,,,mengasuh kita,,,,,memberi makan,,,,,,,,minum dan pakian,,,memberi uang jajan,,,,,,merawat kita ketika kita sakit dan masih banyak yang lainnya.Apakah kita tidak merasakannya???

Temen-temen ……………….

Maka birrul walidain itu diwajibkan oleh allah sebagaimana yaqng difirmankan allah dalam al-qur’an surat al-isro’ ayat 23 yang artinya:

“ Maka sekali kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia “

Temen-temen…………
Jikalau kita melihat dari ayat tersebut diatas maka cara untuk berbuat baik adalah janganlah berkata “uf” atau kata-kata lain yang bernada cemoohan atau celaan yang dilontarkan kepada orang tua.

Janganlah membentak bila kita dinasehati oleh orang tua atau disuruh sesuatu oleh orang tua.berkatalah yang mulia terhadap orang tua yaitu berkata yang baik dan sopan bahkan kalau bisa kodhu abesa dhe’ reng seppoh.Tore nika Pasera se abesah dhe’ reng seppona …???

Temen-temen……..
kiranya cukup sampai disini apa yang dapat saya sampaikan,terimakasih segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kesalahan.

“Tobung poteh ka’nangkaan,E pajeng tak ngangguy tale,sobung pole tor ator sapanikaan,manabi korang ngonjang pole.”

Akhirulkalam wabillahitaufiq wal hidayah
WASSALAMUALAIKUM WR.WB




Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon