Monday, 11 June 2018

Contoh Pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


PIDATO PADA ACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA
Assalamualaikum warahmtullahi wabarokatuh
Para undangn yang kami hormati

Padasam kesempatan yang berbahagia saat ini terlebih dahulu marilah kita bersama memanjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas karuni rahmat dan hidayahnya hingga saat ini kita dapat hadir disini tepat pada rangka mengikuti acara ini.Dan mudah-mudahan atas kehadiran kita ini meraih ridhoNya.Amiin ya rabbal aalamien.


Salam sejahtera semoga tetap tercurahkan kepada baginda nabi Muhammad Saw.diman beliaulah yang telah menda’wahkan ajaran islam hingga manusia mengetahui perbedaan yang haq dan yang bathil,serta semoga kita ini tergolong umatnya yang setia.

Hadirin sekalian yang berbahagia
Pada kesempatan yang berbahagia, tepatnya pada tanggal 28 Oktober tahun.............ini adalah. Pada tangan pemudalah terdapat nasibnya umat. Yaitu penyebab maju dan mundurnya umat itu adalah terletak pada pemuda-pemudanya. Lebih jelasnya mengenai hal ini, marilah kita perhatikan apa yang telahdikatakan oleh Syekh Mustofa Al Gholaayiini, yaitu seseungguhnya pada tangan pemuda-pemuda itu nasibnya umat,yakni maju dan mundurnya umat itu terletak pada pemuda-pemuda.

Disamping itu hidupnya pemuda itu haruslah dengan berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal pada masa depannya, dimana dialah yang nantinya akan mengganti kepemimpinan serta sebagai penerus perjuangan bangsa dan negara. H al ini sesuai apa yang telah dikatakan oleh imam Syafi’i,yaitu : itu kosong berarti pemuda itu tidak ada,yakni pemuda itu tidak berarti.

Dengan peringatan su mpah pemuda saat ini, marilah kita tingakatkan berbagai aktifitas yang bermanfaat.

Demikian kami kira cukup uraian pidato ini, kami mohon maaf atas segala kesalahannya. Akhir kalam Wassalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh. 




Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon