Monday, 11 June 2018

Contoh Pidato Sambutan Ketua RT Terpilih


Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Contoh Pidato Sambutan Ketua RT Terpilih - Rukun Tetangga atau disingkat (RT) adalah pembagian wilayah di Indonesia di bawah Rukun Warga. Rukun Tetangga dipimpin oleh Ketua RT yang pembentukannya melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Desa atau Kelurahan.

Nah Jika Anda saat ini terpilih untuk menjadi ketua RT di tempat Anda tinggal, dan diminta untuk menyampaikan sambutannya sebagai ketua RT terpilih Berikut ini kami berikan Contoh Pidato Sambutan Ketua RT Terpilih dibawah ini:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ؛
Yang terhormat Bapak Ketua RW ...............beserta staf ,Yang terhormat Bapak warga RT ..../RW .....
Serta hadirin yang kami muliakan

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat ALLAH Subhanahuwata’ala, atas segala rahmat dan hidayahnya hingga kita bisa berkumpul dalam acara malam ini.

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada beliau Nabi Muhammad saw, keluarga, sahabat, serta seluruh umatnya yang senantiasa mengikutinya.

Ibu, dan Bapak yang kami hormati,
Tadi telah dilakukan acara serah terima pengurusan
RT ..../RW ..... dari pengurusan lama kepengurusan yang baru.

Saya selaku pengemban amanah untuk menjabat sebagai ketua
RT ..../RW ....., menyadari bahwa amanah ini merupakan tugas yang sangat berat, yang hanya bisa dilaksanakan bila kita semua saling bekerja sama.
Untuk itu, sebelum acara malam ini diadakan, kami telah mempersiapkan susunan pengurus
RT ..../RW ..... Periode tahun ..../..... yang insya Allah akan kami umumkan pada pertemuan malam ini.

Ibu dan Bapak yang kami hormati,
Pada kesempatan ini, kami hendak menyampaikan pikiran-pikiran utama yang akan menjadi landasan program kerja pengurus
RT ..../RW ..... mendatang.

Yang pertama, adalah : meningkatkan silaturahmi antar warga. Karena silaturahmi, kami anggap sebagai modal terbesar kita dalam hidup bermasyarakat. Dengan silaturahmi kita akan semakin kenal satu sama lain, saling memahami, saling menghargai, jauh dari perselisihan, jauh dari permusuhan , sehingga pada akhirnya kita akan merasa lapang tinggal di kampung ini.

Yang kedua: meningkatkan kepedulian sosial antar warga, agar kita semakin peduli satu sama lain, senang bergotong royong, mudah saling tolong menolong bila ada musibah di antara kita.

Selanjutnya yang ketiga
: meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup tempat kita tinggal. Baik lingkungan sosial maupun lingkungan alam. Lingkungan sosial berkaitan dengan keamanan dan ketertiban, sedang lingkungan alam berkaitan dengan kebersihan, keindahan, dan kesehatan. Sehingga kita akan semakin nyaman, aman, damai, dan tentram tinggal di kampung kita ini.

Ibu dan Bapak yang kami hormati,
Mari pada kesempatan ini, kita bersama-sama menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus lama
RT ..../RW ....., yang telah menyelesaikan massa tugasnya. Semoga semua darma baktinya dapat bermanfaat dan mendapatkan balasan yang sesuai dari Allah SWT.

Kami pun akan tetap berusaha melanjutkan program kerja-program kerja kepengurusan lama yang belum atau pun sedang berjalan. dengan memperhatikan kondisi yang ada.

Ibu dan Bapak yang kami hormati,
Terakhir, kami selaku pengurus RT 03/RW 011 yang baru mengharapkan dukungan, bantuan, dan partisipasi seluruh warga terhadap semua program-program kegiatan yang nanti akan kami jalankan.

Kita akan selalu menggunakan motto : DARI WARGA, UNTUK WARGA, DAN OLEH WARGA

Dan mari kita ingat bahwa ukuran seseorang dikatakan baik atau tidak, telah disampaikan oleh Rasulullah saw :

“ KHAIRUN NAASI ANFA’UHUM LIN NAASI “
artinya :
“ Sebaik-baiknya manusia ialah orang yang paling banyak manfaatnya kepada manusia “ (HR. Jabir)
Demikianlah sambutan dari saya selaku pemegang amanah sebagai ketuaRT ..../RW ..... periode ....../......

Dan kami mohon maaf bila ada kesalahan baik lisan maupun pelaksanaan acara ini.

BILLAAHIT TAUFIIQ WAL HIDAAYAH
Wassalaamu’alikum Warohmatullohi Wabarokatuh,


Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon