Contoh teks Pidato Singkat tentang Kesehatan Bahasa indonesia

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Assalamualaikum Wr. Wb
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah,
yang saya hormati Bapak/Ibu guru

serta teman-teman sekalian yang saya kasihi.
Pertama tama marilah kita haturkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas berkah, rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dan masih diberikan kesehatan hingga saat ini.
Shalawat dan salam juga tak lupa selalu tercurahkan pada junjungan Nabi Muhammad SAW karena atas tuntunannya kita dapat berada di jalan yang terang yaitu Islam. Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional 2017, maka saya akan menyampaikan sedikit mengenai kesehatan tubuh kita.
Kesehatan memang menjadi sesuatu yang sangat mahal untuk bisa kita rasakan karena ketika kesehatan kita akan mulai bermasalah maka biaya pengobatan tersebut harus dikeluarkan juga cukup besar tentunya. Pasti kita sudah sering mendengar istilah lebih baik mencegah daripada mengobati.
al tersebut memang benar karena dengan membentuk pola hidup yang lebih sehat maka kita tidak perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk melakukan langkah pengobatan.
Pada dasarnya kita tidaklah sulit untuk bisa mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan bugar. Hal tersebut bergantung pada seberapa besar keinginan kita untuk tetap bisa hidup sehat dan memperbaiki kebiasaan yang kurang baik.

Berkaca pada gerakan masyarakat sehat yang prinsipnya ada tiga langkah besar seperti melakukan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur serta melakukan cek kesehatan. Selanjutnya akan saya ulas satu per satu mengenai ketiga prinsip dasar gerakan masyarakat sehat atau disebut juga GERMAS.
Hadirin yang berbahagia,
Melakukan aktivitas fisik memang tidak selalu untuk olahraga berat. Tetapi anda bisa memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan, berkebun maupun kegiatan lainnya setidaknya selama 30 menit sehari. Tidak hanya difungsikan untuk membakar kalori di dalam tubuh tetapi juga menjaga kebugaran tubuh anda.

Melakukan aktivitas fisik yang ringan tetapi teratur tentu akan memberikan efek lebih baik daripada anda olahraga berat tetapi tidak teratur. Sehingga mulailah untuk membiasakan diri dengan memperbanyak aktivitas fisik dibandingkan hanya berdiam diri dan bergerak statis.
Prinsip yang kedua adalah konsumsi buah dan sayur sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya. Fungsi dari konsumsi buah dan sayur ini adalah untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh selain kita juga akan mendapatkan asupan nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Fungsi dari serat itu sendiri selain untuk memperlancar proses pencernaan juga dapat mengatur kadar gula darah, mengontrol kolesterol hingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh juga akan semakin maksimal dengan adanya konsumsi serat secara tepat.
Hadirin sekalian, prinsip terakhir adalah cek kesehatan 6 bulan sekali. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar kita mengetahui lebih dini jika sampai ada perkembangan penyakit tertentu di dalam tubuh. Apalagi jika ada perkembangan penyakit berbahaya seperti kanker maka akan bisa dicegah lebih dini pertumbuhannya.

Mengatasi penyakit sedini mungkin tentu akan meningkatkan persentase kemungkinan kesembuhannya menjadi lebih besar. Hal tersebut akan menguntungkan karena anda tidak perlu sampai merasakan penyakit yang luar biasa.
Sekian sedikit pidato mengenai kesehatan dari saya, semoga kita tetap diberikan kesehatan dan selalu dilindungi kapanpun dan dimanapun.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Mungkin Yang Kamu Cari:

Post a Comment for "Contoh teks Pidato Singkat tentang Kesehatan Bahasa indonesia "