Sunday, 10 June 2018

Contoh Teks Pidato / Ceramah Singkat tentang Zakat Bahasa indonesia

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Hadirin sekalian yang berbahagia,
Puji Syukur alhamdulilah kita panjatkan kepada Illahi Rabbi yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita sekalian sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat mengikuti kegiatan kultum tanpa ada halangan suatu apapun.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw, karena dengan ajaran Islam kita bisa membedakan yang haq dan bathil berkat hidayah dari Allah SWT.
Hadirin sekalian yang berbahagia,

Nabi saw. bersabda:
Rasulullah saw. menjadikan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang telah berpuasa (Ramadhan) dari perbuatan sia-sia dan keji. Dan merupakan makanan bagi orang miskin. Maka barangsiapa yang menunaikan zakat sebelum shalat idul fitri, maka ia sebagai zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikan zakat sesudah shalat Idul fitri, maka ia dianggap sebagai sedekah biasa. (HR. Abu Dawud Ibnu Majah)

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Begitu wajibnya zakat fitrah untuk dikeluarkan, kecuali orang kafir yang miskin. Dan bagi orang yang melakukan puasa Ramadhan maka puasanya akan bergantung antara langit dan bumi, yaitu tidak akan dilangsungkan kehadirat Allah swt. sebelum mereka mau mengeluarkan zakat fitrah.
Nabi saw, bersabda:

Puasa bulan Ramadhan tergantung antara langit dan bumi, dan tidak akan dilangsungkan kehadirat Allah kecuali ia mengeluarkan zakat fitrahnya.
Demikian pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan kita lebih mengerti tentang pengtingnya mengeluarkan zakat fitrah, sehingga orang-orang tidak enggan untuk mengeluarkan zakat fitrah tersebut.
Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar besarnya.
Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.




Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon