Sunday, 10 June 2018

Contoh Teks Pidato Singkat untuk Anak SD tentang Pendidikan Bahasa indonesia

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.



Assalamu’alaikum-Warohmatullahi-Wabarokatuh
Pertama – tama marilah kita ucapkan puji syukur kepada Allah SWT, karena kita telah dberikan rahmat kesehatan serta rahmat lainnya yang tidak dapat terhitung.
Shalawat serta salam marilah kita hadiahkan kepada roh junjungan kita, yaitu nabi kita Muhammad SAW, karena beliaulah kita bisa mengenal islam dan hidup dijalan yang lurus.
Yang saya hormati Bapak Kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/ibu guru beserta pegawai

Dan teman – teman yang saya cintai
Baiklah teman -teman semua saya tidak akan memperpanjang pumbukaan pidato saya lagi, maka saya akan memasuki judul pidato saya adalah Membaca.
Apakah teman- teman semua pernah mendengar sebuah pepatah yang kira-kira berbunyi seperti ini “buku adalah jendela dunia”? Saya rasa teman-teman sudah pernah mendengar pepatah tersebut sudah terdengar tidak asing lagi di telinga kita.
Kalau dipikir – pikir saya sangat setuju dengan itu, karena dengan membaca buku kita dapat melihat hal – hal yang berada diluar jangkauan kita. Selain itu melalui buku juga kita dapat mengenal tokoh – tokoh dunia yang rasanya mustahil untuk berkenalan secara langsung .
Nah buku yang saya maksud disini bukan hanya sekedar buku – buku pelajaran, akan tetapi termasuk juga didalamya seperti majalah, koran, dan jenis lainnya. Dan yang sangat paling popoler sekarang yaitu portal – portal dunia maya. Hanya dengan menggunakan sebuah smath phone kita hampir bisa melihat seluruh isi dunia.

Teman – teman semua yang saya sayangi
Walaupun sekarang ini sudah ada Google yang mejadi media penyedia informasi yang lengkap, tetap saja kita membutuhkan buku. Karena dengan membaca buku kita akan lebih mudah mendapatkan informasi yang lebih falid dari pada hanya membaca berita – berita postingan orang yang belum tentu benar.
Namun, menurut saya tak terlalu penting apa yang kita baca dan menggunakan media apa bahasn yang kita baca tersebut. Jika kita semakin banyak membaca, maka semakin luas pula pengetahuan kita.
Namun disitu juga kita akan merasa bosan dan jenuh dalam membaca, nah menurut saya pribadi untuk mengatasi permasalahan tersebut dan khususnya membaca dengan smart phone, maka kita dapat menyelingi membaca dengan bermain beberapa game ringan untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut.

Teman – teman semua yang saya sayangi
Marilah kita sama – sama memanfaatkan teknologi yang sudah canggih sekarang ini untuk hal – hal yang positif. Jangan sampai kecanggihan teknologi ini menjadi bumerang bagi kita dan malah menjadi penghancur budi pekerti kita.
Teman – teman semua yang saya sayangi
Demikianlah pidato singkat saya pada kesempatan kali ini, semoga apa – apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita, terima kasih karena sudah untuk mendengarkan pidato saya mohon maaf atas segala kekurangan serta kesalahan yang saya lakukan, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.




Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon