Ceramah singkat tentang 6 kewajiban muslim terhadap muslim lainnya

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Setiap muslim memiliki kewajiban yang mesti dilaksanakan, begitu juga dengan kewajiban terhadap sesama muslim lainnya. Sesuai ilustrasi tersebut, sakarang saya akan berbagi contoh ceramah tentang 6 kewajiban muslim terhadap muslim lain.

Contohnya dapat dibaca di bawah ini.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh... Hadirin yang saya hormati, manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Lahirnya kita ke dunia sebagai muslim tidak lepas dari kewajiban untuk bersosial. Baik terhadap tetangga, saudara, masyarakat, bahkan terhadap sesama muslim lagi.

Ada salah satu hadis sahih yang masih saya ingat ketika sekolah di pesantren. Arti dari hadis tersebut kurang lebih begini:

"Kewajiban muslim terhadap muslim lain itu ada enam. Pertama, apabila bertemu maka ucapkan salam. Kedua, apabila kita diundang maka harus datang. Ketiga, apabila ada yang meminta nasihat kepadamu, maka berikan dia nasihat. Keempat, apabila kamu bersin, maka ucapkan alhamdulillah, kemudian jawablah orang yang bersin dengan kata: Yarhamukallah. Kelima, apabila ada muslim yang sakit, maka tengok dia. Keenam, bila ada yang meninggal, maka antar jenazahnya ke makam". (Hadis Riwayat Muslim)

Berdasarkan hadis di atas, 6 hal tersebut merupakan kewajiban kita dalam bersosial berdasarkan islam. Dengan melaksanakannya, kita sudah menjalankan ibadah, dan setiap ibadah akan bernilai kebajikan / amal soleh. Dan Barang siapa yang berat amal solehnya ketika ditimbang di yaumul hisab, maka akan mendapatkan surga.

Untuk mengamalkan 6 kewajiban tersebut tidaklah mudah. Banyak sekali cobaan yang akan kita hadapi, terutama cobaan yang datang dari diri sendiri. Oleh sebab itu, jalan terbaik agar bisa mengamalkan 6 kewajiban terhadap sesama muslim adalah dengan belajar membiasakan diri.


Kewajiban 1: Apabila Bertemu maka Ucapkan Salam

Saat kita bertemu dengan saudara kita di jalan, terkadang kita malu bila harus mengucapkan salam. Padahal, selama kita mampu memberikan salam terhadapnya, maka berikanlah! Saat ingin memulainya, mungkin ada perasaan malu karena tidak pernah mengucapkan salam. Tapi, apabila sekali saja mencoba, Insya Allah kita pasti bisa.


Kewajiban 2: Apabila Kita Diundang maka Harus Datang

Selalu menghadiri undangan dari orang lain itu tidak mudah, apalagi kalau undangan tersebut bertepatan dengan jadwal lain yang sudah dijanjikan sebelumnya dengan pihak ketiga. Bila Anda ada di posisi seperti itu, sebaiknya mendatangi orang yang mengundang Anda dan katakanlah alasan Anda yang sebenarnya, dan mudah-mudahan dia mengerti dengan kondisi Anda.


Kewajiban 3: Apabila Ada yang Meminta Nasihat Kepadamu, maka Berikan Dia Nasihat

Kadang hidup ini memang terasa sulit dan tidak semua orang dapat melewatinya sendiri. Jika datang seseorang yang meminta nasihat atas permasalahan yang ia hadapi kepada Anda, maka kewajiban Anda adalah membantunya. Dengan memberikan jawaban atau solusi kepada orang tersebut, semoga masalahnya benar-benar terselesaikan.


Kewajiban 4: Apabila Anda bersin maka ucapkan alhamdulillah, dan jawablah orang yang bersin dengan kata: Yarhamukallah

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan orang yang bersin tepat dihadapan kita. Saat dia bersin kemudian mengucapkan alhamdulillah, maka kita wajib menjawabnya dengan kata Yarhamukallah. Kewajiban Anda hanya sampai di sana, selanjutnya orang yang bersin harus menjawabnya kembali dengan kata Yahdikumullah.

Pada kenyataannya, banyak diantara kita malah menertawakan orang yang bersin ketimbang mendoakannya. Hal tersebut mungkin terjadi karena banyak muslim yang tidak tahu. Jika sudah tahu, itu artinya kita wajib mengamalkannya. Perlu diketahui, bahwa mendoakan orang bersin akan bernilai ibadah ketimbang menertawakannya.


Kewajiban 5: Apabila ada Muslim/Orang yang Sakit, maka Tengok Dia

Semua orang pasti pernah mengalami sakit, entah itu sakit ringan, sedang, ataupun sakit parah. Saat tetangga, saudara ataupun orang yang kita kenal sedang sakit, membesuk/menengoknya adalah kewajiban. Ada nilai sosial yang besar dibalik amalan tersebut yakni dapat mempererat persaudaraan atau silaturahmi. Selain itu, mungkin orang yang pernah kita tengok akan berbalik menengok saat kita sakit.


Kewajiban 6: Bila ada yang Meninggal, maka Antar Jenazahnya ke Makam

Manusia adalah makhluk yang bernapas. Dalam ayat Al-Quran disebutkan: Kullu nafsin daiqotul maut. Artinya: segala sesuatu yang bernapas pasti akan mengalami maut.

Kita mungkin pernah melihat keranda berisi jenazah yang dibawa untuk dimakamkan. Saat melihatnya, maka kewajiban kita adalah mengantarkan jenazah itu ke tempat pemakamannya. Walaupun jenazah bukan merupakan orang yang kita kenal, namun berdasarkan hadis tadi kita tetap wajib mengantarkannya karena dia sama-sama muslim.


Bagaimana pendapat Anda tentang pidato di atas? Bantu kami meningkatkan pengalaman Anda dengan berkomentar dan memberikan masukan demi perbaikan.

Terima kasih.


Mungkin Yang Kamu Cari:

     

Post a Comment for "Ceramah singkat tentang 6 kewajiban muslim terhadap muslim lainnya"