Contoh Pidato Singkat tema Pemberdayaan Lingkungan

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Pidato dengan tema pemberdayaan lingkungan ini dapat digunakan untuk memotivasi masyarakat yang tinggal di tempat atau daerah dengan potensi bagus untuk dikelola dan dikembangkan. Dengan kata lain, pidato berikut ini bisa disampaikan dalam kegiatan penyuluhan dan kegiatan lainnya yang membahas tentang kelebihan dari suatu daerah jika dikelola sumber daya alamnya. Ini sekaligus dapat memberikan inspirasi kepada pendengar untuk lebih dinamis, kreatif dan inovatif.

Contoh pidato dapat dibaca di bawah.

Assalamu alaikum wr wb

Pertama-tama, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bapak/Ibu yang hadir pada acara penyuluhan tentang pemberdayaan lingkungan ini.
Semoga kehadiran kita semua di sini bernilai ibadah.

Bapak/Ibu yang kami hormati.

Kita semua pasti mengetahui bahwa hampir semua daratan di negara Arab Saudi berupa padang pasir. Yang mana itu merupakan lahan/tanah gersang untuk ditanami dengan tanaman. Hanya sedikit tanaman saja yang dapat hidup di tanah seperti itu. Akan tetapi jika kita lihat, negara tersebut berkecukupan.

Jika dilihat dari potensinya, negara Arab memiliki potensi berupa minyak bumi. Dengan keterampilan yang dimiliki sumber daya manusia (SDM) nya, perekonomian Arab bisa lebih maju dari kita.

Tentu saja ini menjadi tanda tanya besar bagi kita.

Konon, negara Indonesia adalah negara yang subur makmur. Bahkan ada syair lagu yang mengatakan bahwa Indonesia adalah tempat kayu dan bambu jadi tanaman.

Kita mengetahui bahwa Indonesia adalah negara yang subur. Keanekaragaman hayati yang melimpah, baik dari segi flora maupun fauna nya.

Itu artinya, negara Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang lebih bagus. Tapi, mengapa potensi itu tidak membawa perubahan ke arah sejahtera?

Jika bertanya seperti itu, saya juga tidak dapat menjawabnya.

Di sini, kita sekarang sudah menyadari bahwa Indonesia memiliki potensi yang banyak. Tinggal kita yang harus berusaha menemukan apa potensi yang ada pada daerah kita sendiri.

Sekarang di tempat ini, kita dapat melihat hamparan tanah yang luas dan pantai yang Indah.

Hamparan tanah yang luas ini dapat kita gunakan untuk bertani (bercocok tanam). Sedangkan pantai yang Indah itu dapat kita jadikan aset yang bisa menghasilkan keuntungan, misalnya dijadikan tempat pariwisata.

Itu merupakan sebagian kecil contoh dari potensi yang dimiliki daerah ini. Untuk potensi lainnya, mungkin Ibu dan Bapak lebih paham dengan daerahnya sendiri ketimbang saya selaku tamu di tempat ini.

Oleh sebab itu, mari kita mencoba untuk menemukan apa potensi lain dari daerah ini yang berhubungan dengan lingkungan.

Jika di daerah ini terdapat sampah plastik, itu pun sebenarnya dapat kita berdayakan. Misalnya mengubah sampah plastik itu menjadi kerajinan tangan sehingga nanti akan lebih berpotensi untuk menghasilkan keuntungan.


Jadi, apa pun potensi suatu daerah berdasarkan lingkungannya, kita perlu melakukan pemberdayaan terhadap lingkungan di sekitar kita. Dengan demikian, kita dapat menjadi orang yang kreatif dan inovatif. Sehingga, di kemudian hari ide-ide cemerlang bisa dengan mudah muncul di pikiran kita, jika kita terbiasa menganalisis potensi daerah tersebut. Dan selanjutnya kita akan mampu melakukan upaya-upaya untuk memberdayakan lingkungan di sekitar kita agar lebih produktif.



Sekarang, tugas Bapak dan Ibu sebagai masyarakat di daerah ini adalah mencari dan menemukan potensi yang dimiliki oleh daerah sendiri sehingga ke depannya kita dapat memberdayakan itu untuk kebaikan bersama.

Semoga pidato yang singkat ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi, agar daerah kita bisa lebih maju dari sebelumnya dengan cara memberdayakan seluruh potensi yang ada pada lingkungan sekitar kita.



Mungkin Yang Kamu Cari:
     

Post a Comment for "Contoh Pidato Singkat tema Pemberdayaan Lingkungan"