Thursday, 14 June 2018

Contoh Pidato Serah Terima Jabatan Kepala Desa

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Ini berisi contoh pidato serah terima jabatan dari kades atau kepala desa yang lama ke yang baru. Berikut ini contohnya.

Sambutan dari kepala desa lama yang menyerahkan jabatan:
Assalamu alaikum wr. wb.
Alhamdulillah pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, sehingga dapat berkumpul di balai desa ini untuk melaksanakan kegiatan serah terima jabatan.

Saya selaku kepala desa yang lama mengucapkan selamat kepada kades yang baru terpilih karena sudah dipercaya untuk memimpin desa kita tercinta ini.

Mudah-mudah dengan pergantian kades ini dapat membawa desa kita menjadi lebih baik dari sebelumnya, dalam hal pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusianya.

Baiklah kita mulai.
Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim.
Dengan ini saya menyatakan selamat dan memberikan segala amanah serta tanggung jawab kepimimpinan kepada saudara ... selaku kepala desa baru.


Pidato kepala desa baru yang menerima jabatan:
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Bapak kepala desa terdahulu yang sudah menyempatkan diri memenuhi undangan kami dalam rangka melaksanakan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada Ibu/Bapak perangkat desa yang sudah mempersiapkan acara dengan baik.

Dalam menjalankan pemerintahan ini tidak ada yang saya janjikan, namun saya membawa program yang mengarah pada pembangunan desa berkelanjutan, khususnya SDM. Oleh sebab itu, mari kita bekerja dengan dasar ibadah karena Allah untuk mewujudkan desa yang baldatun thayyibatun wa robbun ghafur. Aamiin.

Menindaklanjuti penyerahan jabatan ini, saya sebagai kepala desa baru periode ..../.... menyatakan menerima sepenuhnya jabatan ini sebagai amanah dari masyarakat desa.


Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon