Thursday, 14 June 2018

Contoh Sambutan Guru Wali Kelas dalam Pembagian Raport

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Postingan ini memuat contoh pidato sambutan guru atau wali kelas di SMP SMA sebelum raport akhir tahun (semester 2) dibagikan kepada siswa. Guru atau wali kelas dapat menggunakannya sebagai bahan pembicaraannya sebelum pembagian raport dimulai. Isi pembicaraannya yaitu guru berpesan kepada siswa yang mendapat peringkat atau ranking 1 (atau tiga besar) agar dapat mempertahankan prestasinya, juga kepada siswa yang belum berkesempatan masuk ke dalam tiga besar agar terus rajin belajar, sehingga di tahun pelajaran berikutnya bisa mendapatkan ranking yang bagus.

Berikut ini contoh sambutannya:

Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat pagi anak-anakku sekalian.

Setelah beberapa minggu ke belakang, kamu sekalian sudah melaksanakan ulangan akhir semester, dan sekarang, ini saatnya ibu membagikan laporan hasil belajar (raport) kamu sekalian.

Perlu kamu ketahui, bahwa nilai yang ada dalam raport kalian masing-masing adalah hasil belajar kamu selama satu semester, dan ibu hanya menyalin dan memasukkan nilai dari masing-masing guru mata pelajaran. Dalam artian, nilai ini tidak ada sangkut pautnya dengan wali kelas, alias murni dari guru yang mengajar kamu.

Kemudian...
Ibu ucapkan selamat kepada siswa yang masuk peringkat 3 besar.
Pertahankan terus prestasinya; dan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi.
Dan bagi siswa yang belum berkesempatan masuk ke peringkat 3 besar; kalian masih punya banyak kesempatan di tahun pelajaran berikutnya. Tetap semangat, optimis, dan raih prestasimu dengan kerja keras. Dengan demikian, niscaya kamu bisa meraih apa yang kamu mau, termasuk menjadi juara kelas.

Itu saja yang bisa ibu sampaikan sebelum raport ini dibagikan.
Setelah ini, bagi kamu yang disebutkan namanya, tolong ambil raport ini ke depan.

(guru menyebutkan nama-nama siswa dan membagikan raport mereka)

Nah, itulah raport kalian. Kalian bisa melihat nilai untuk setiap mata pelajaran.
Pembagian raport ini ibu akhiri sampai di sini.

Ingat, kita libur kenaikan kelas ini lamanya 2 minggu, dimulai dari tanggal ... sampai dengan ... juli (tahun). Sampaikan juga salam ibu kepada orang tua kamu di rumah.

Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu'alaikum wr. wb.



Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon