Thursday, 14 June 2018

Contoh Pidato Sambutan Acara Pembagian Surat Kelulusan Siswa

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Ini merupakan contoh pidato yang bisa digunakan sebagai prakata sambutan panitia UN dalam pembukaan acara pembagian surat kelulusan siswa. Pidatonya dapat disampaikan pada acara kelulusan di SMA, SMP dan/atau di SD.

Berikut ini contoh pidato sambutannya.

Pembukaan (Kalimat Pembuka):

Assalamualaikum wr. wb.
Selamat siang Ibu/Bapak orangtua/ wali siswa yang telah hadir di acara pembagian surat kelulusan ini. Terima kasih kami ucapkan, karena Bapak/Ibu sudah menyempatkan diri hadir hari ini.

Selamat juga untuk anak-anakku sekalian (siswa dan siswi) yang kami banggakan, yang selama beberapa tahun ke belakang telah belajar dengan sungguh-sungguh, sehingga pada hari dan detik ini kamu sekalian masih berdiri di sekolah tercinta kita ini.

Isi Pidato:

Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak yang kami hormati. Perlu kita ketahui bersama bahwa pada tahun pelajaran ini, peserta ujian dari kelas akhir mencapai ... orang. Alhamdulillah, dari sekian banyaknya peserta (siswa yang mengikuti ujian), sekitar 99% lulus dan 1 % tidak lulus. Jadi, alhamdulillah, sekolah ini sudah bisa meluluskan hampir 100% peserta ujian (siswa) dari tahun ke tahun.

Kami atas nama keluarga besar Sekolah ... mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu atas kepercayaan kepada kami, karena telah menitipkan anak-anaknya di sekolah ini untuk kami didik.

Sekian yang bisa kami sampaikan pada acara pembagian surat kelulusan siswa ini. Setelah sambutan ini ditutup, para Bapak dan Ibu orang tua/ wali siswa dipersilakan memasuki ruang kelas anaknya masing-masing, karena pembagian surat kelulusannya secara teknis dibagikan oleh masing-masing wali kelas.

Kalimat Penutup:

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Semoga pertemuan ini menjadi berkah bagi kita semua.
Wassalamualaikum wr. wb.


Demikian "Contoh Pidato Sambutan dalam Pembagian Surat Kelulusan Siswa" yang dapat kami berikan. Mudah-mudahan bermanfaat.



Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon