Thursday, 14 June 2018

Contoh Pidato Pengawas di Ruang Ujian Nasional

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Pidato pengawas di ruang ujian nasional merupakan contoh sambutan yang disampaikan oleh pengawas sebelum melaksanakan/ mengerjakan soal UN. Isinya yaitu mengingatkan tentang tata tertib peserta ujian dan harus teliti dalam mengerjakan soal, mengisi identitas peserta dengan lengkap, mendahulukan pengerjaan soal yang lebih mudah, dan memberitahukan waktu (durasi) ujian.

Berikut ini contoh pidato (sambutan) -nya.

Assalamu alaikum wr. wb.
Selamat pagi/ siang para peserta UN tahun pelajaran 2017/2018.
Sebelum pelaksanaan UN dimulai tepat pada pukul ..., kami (pengawas) akan membacakan tata tertib peserta dan pengawas, serta tata tertib di ruang UN ini.

Peserta dimohon untuk memperhatikan tata tertibnya.

(Pengawas membacakannya hingga selesai)

Nah, itulah tata tertib yang berlaku dalam ujian nasional tahun ini.

Selain itu, kami (pengawas) mengingatkan juga, ketika mengisi LJUN (lembar jawaban), peserta harus teliti dengan mengisi semua kolom harus diisi, seperti nama peserta, nomor, tempat tanggal lahir, mata pelajaran yang diujiankan hari ini, tanggal pelaksanaan UN, tanda tangan, dan menulis pernyataan "saya mengerjakan ujian dengan jujur".

Selain itu, kami juga berpesan, dahulukan mengerjakan soal yang dianggap mudah oleh kamu sekalian agar waktu pengerjaannya lebih efektif, sehingga semua soal dapat diisi semuanya dengan baik.

Itu saja yang dapat kami sampaikan. Kebetulan bel tanda membagikan soal dan LJUN sudah berbunyi.
Terima kasih atas perhatiannya.
Semoga berhasil.

Untuk selanjutnya, silahkan ketua kelas memimpin doa demi kelancaran ujian ini.


Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon