Thursday, 14 June 2018

Contoh Amanat Pembina Menjelang Ujian Nasional

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Ini merupakan contoh pidato untuk pembina upacara hari senin yang menyampaikan amanat menjelang pelaksanaan ujian nasional 2018 (tahun pelajaran 2017/2018). Amanat ini ditujukan bagi guru dan/atau kepala sekolah. Isi amanat pada intinya mengingatkan siswa agar memperbanyak waktu belajar di rumah dan mengurangi waktu bermain sehingga hasil UN-nya bagus dan memuaskan.

Berikut ini contohnya.

Assalamu alaikum wr. wb.

Mukadimah bisa melihat pada contoh pidato lainnya dalam situs ini.
Rekan-rekan guru, staf tata usaha yang saya hormati...
Anak-anakku sekalian (siswa dan siswi) yang dibanggakan.

Pelaksanaan ujian nasional tahun 2018 hanya beberapa minggu lagi.
Mengingat pelaksanaannya yang sudah begitu dekat, apa yang sudah kamu persiapkan untuk mengikuti UN nanti?

Sebagai siswa yang baik dan amanah terhadap orangtua, sejak hari ini kamu sebaiknya belajar dengan giat, mengikuti les atau pembelajaran tambahan yang diadakan oleh guru mata pelajaran yang diujiankan, agar kelak kamu bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah jika semuanya sudah dipersiapkan sebelumnya. Sehingga nanti hasil UN-nya pun akan bagus.

Siapa yang ingin nilai UN-nya memuaskan?
Ya... Bagus.
Semua pasti ingin nilai yang bagus. Akan tetapi, untuk mewujudkan keinginan itu kita harus berusaha atau bekerja keras dengan belajar yang serius. Jika sebelumnya kamu belajar kurang serius maka mulai hari ini keseriusannya ditingkatkan.

Jika kemarin-kemarin kamu terlalu banyak menghabiskan waktu dengan bersantai, main game; maka mulai hari ini cobalah menyisihkan waktu untuk belajar demi mencapai keinginan dalam meraih nilai UN seperti yang kamu inginkan.

Bisakah mulai dari sekarang meluangkan waktu lebih untuk belajar?
Ok... Kalau begitu bagus.
Kami doakan semoga di tahun 2018 ini, siswa-siswi SMP/SMA ... memperoleh nilai ujian nasional yang baik, sehingga dapat membanggakan sekolah dan Ibu/Bapak di rumah.


Orang bijak berkata:
Waktu tidak akan kembali maka gunakanlah waktu itu dengan sebaik-baiknya...

Sekian amanat dari Ibu.
Terima kasih telah memperhatikan...

Wassalamu alaikum wr. wb.

Itulah amanat pembina upacara yang bisa digunakan untuk mengingatkan siswa tentang pelaksanaan ujian nasional 2018 yang waktunya semakin dekat.
Semoga contoh pidato ini bermanfaat...


Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon