Thursday, 14 June 2018

Contoh Pidato Singkat tentang Pentingnya Menjaga & Melestarikan Kebudayaan Indonesia

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Contoh pidato singkat yang disampaikan dalam postingan ini ber-tema tentang kebudayaan. Ini dapat digunakan sebagai bahan pidato dalam acara gerakan peduli kebudayaan Indonesia. Dengan contoh pidato tersebut diharapkan narasumber dapat memberikan penerangan akan pentingnya menjaga kebudayaan yang sudah ada sejak dahulu, agar tidak hilang ditelan masa (waktu).

Berikut ini contoh pidato-nya:

Salam sejahtera bagi kita semua...
Hadirin yang berbahagia...

Kebudayaan merupakan warisan dari nenek moyang kita.
Kebudayaan tercipta dari kebiasaan nenek moyang di zaman dahulu yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Apabila kita melihat nilai historis yang terkandung di dalamnya, kebudayaan terlalu berharga jika hilang begitu saja.

Sejenak mari kita renungkan
Jika kita menciptakan sebuah karya dengan susah payah, maksudnya untuk diwariskan ke keturunan kita di masa depan, bagaimana perasaan kita, ketika karya yang telah dibuat itu tidak dimanfaatkan atau digunakan oleh mereka? Kita tentunya akan sedih.

Jika menghubungkan hal itu dengan kebudayaan yang diciptakan oleh nenek moyang kita, mungkin nenek moyang pun akan merasa sedih apabila kita tidak memelihara kebudayaan yang sudah mereka ciptakan sejak dahulu.

Indonesia adalah negara yang kental dengan kebudayaannya. Dalam artian Indonesia itu kaya dengan keragaman budayanya, mulai dari musik, permainan tradisional, seni rupa, tarian-tarian dan sebagainya, ada di negeri ini. Oleh sebab itu, kita sebagai bangsa yang cinta akan tanah air sudah sepantasnya menjaga dan melestarikannya karena itu semua merupakan harta yang berharga bagi kita.

Jika bukan kita, siapa lagi?

Hadirin yang berbahagia...

Bersama-sama, mari kita jaga agar itu tidak musnah ditelan waktu, sehingga generasi mendatang tahu betapa banyaknya kebudayaan di negeri ini, dan itu merupakan warisan leluhur yang patut kita jaga keberadaannya.



Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon