Thursday, 14 June 2018

Contoh Pidato Awal Semester Masuk Sekolah

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Contoh pidato awal semester masuk sekolah merupakan contoh pidato yang dapat disampaikan pada hari pertama masuk sekolah, setelah beberapa minggu liburan. Isinya merupakan motivasi terhadap siswa agar lebih giat dalam belajar karena masih dalam kondisi yang segar atau fresh.

Berikut ini contohnya.

Mukadimah/pembukaan:

Assalaamu 'alaikum wr. wb.

Innalhamdalillah nahmaduhuu wanasta'inuhu wanastagfiruhu, wana'uudzubillahi min sururi anfusinaa wa sayyiati a'maalinaa, mayyahdillahu falaa mudillalahu, waman yudlilhu falaahadiyalah. Amma ba'du.
Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.
Dengan Rahmat dan Karunia-Nya kita dapat berkumpul kembali di sekolah ini untuk menjalankan salah satu kewajiban kita yaitu belajar.

Tak lupa salawat dan salam semoga tetap dicurah-limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabat dan pengikutnya. Semoga kita pun mendapatkan safa'at dari nya. Aamiin ya Robbal 'Alamiin.

Inti materi pidato:

Anak-anakku sekalian yang Ibu banggakan.
Liburan semester 1 telah selesai. Setelah 2 minggu lamanya kamu semua libur, sekarang tanggal 2 Januari 2018 kamu akan melanjutkan pembelajaran pada semester 2 ini.

Oh ya...
Sekarang adalah tahun baru masehi yang ke 2018. Semoga di tahun ini kita dapat sama-sama menjalankan aktivitas di sekolah dengan energi dan semangat yang baru, ya anak-anak!?

Mudah-mudahan, pada semester 2 sekarang kamu bisa belajar lebih baik lagi.

Yang mendapatkan rangking/peringkat 1 di semester kemarin, pertahankan prestasinya. Adapun bagi yang belum termasuk 3 besar mudah-mudahan bisa meningkatkan prestasinya.

Penutup:

Hanya itu yang dapat Ibu sampaikan dalam kesempatan ini.
Meskipun pidatonya singkat, mudah-mudahan tetap bermakna dan bisa bermanfaat bagi kamu sekalian.

Billahi taofiq walhidayah.
Wassalamu 'alaikum wr. wb.


Demikianlah contoh pidato singkat untuk awal semester masuk sekolah.
Semoga ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk Bapak/Ibu Guru atau Kepala sekolah yang akan menyampaikannya nanti ketika hari pertama masuk sekolah semester 2.


Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon