Thursday, 14 June 2018

Contoh Pidato Perpisahan untuk Guru Purnabakti atau Pensiun

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Salam Pidato
Contoh pidato ini bisa disampaikan dalam acara perpisahan, oleh guru yang masa kerjanya sebagai PNS sudah habis alias Purnabakti atau Pensiun.

Berikut ini contoh pidatonya.

Pembukaan:
Assalaamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuhu...
(Selanjutnya, Bapak/Ibu bisa melihatnya contoh pembukaan pada postingan lain di situs ini).

Isi pidato:

Kepala sekolah yang saya hormati.
Rekan-rekan (guru) yang saya hormati.
Bapak/Ibu staf tata usaha yang saya hormati.

Alhamdulillah pada kesempatan ini kita masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, sekarang kita bisa berkumpul pada acara perpisahan ini.

Terima kasih banyak saya ucapkan atas acara ini.
Jujur, saya baru mengetahui bahwa acara perpisahan ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh rekan-rekan sekalian tanpa se-pengetahuan saya. Oleh sebab itu, bagi saya acara ini adalah kado (hadiah) yang indah sebelum saya meninggalkan sekolah.

Dari hati yang paling dalam, perpisahan ini sungguh berat karena saya harus meninggalkan sekolah yang sudah saya anggap seperti rumah sendiri. Walaupun demikian, akan tetapi pensiun bukanlah pilihan. Artinya mau ataupun tidak, saya harus berhenti karena ini adalah aturan kerja dari pemerintah bagi saya selaku pegawai negeri sipil.

Sekarang saya hanya bisa pasrah dan ikut aturan tersebut.

Kemudian,
saya juga mengucapkan mohon maaf atas kesalahan yang sudah dilakukan, baik yang disengaja ataupun tidak.

Saya menitipkan sekolah ini kepada rekan-rekan guru senior yang masih aktif agar membimbing adik-adik kita (guru yang baru) sehingga nanti menjadi guru-guru yang hebat.

Sekali lagi,
saya mengucapkan terima kasih atas acara perpisahan yang sudah rekan-rekan persiapkan dengan susah payah. Juga, ucapan maaf saya kepada Bapak kepala sekolah, rekan guru dan staf tata usaha yang ada di sini.

Maukah Anda sekalian memberikan maaf kepada saya?
Alhamdulillah... Terima kasih apabila Bapak/Ibu sekalian mau memaafkan.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan pada acara perpisahan ini.

Penutup:
Marilah kita tutup acara ini dengan bacaan "alhamdulillah" bersama-sama.
Sekian...
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuhu...


Demikianlah contoh pidato dalam acara perpisahan guru yang pensiun.
Semoga Bapak/Ibu guru yang sebentar lagi pensiun bisa menggunakan contoh pidato ini sebagai bahan pidato Anda nanti dalam acara perpisahan tersebut.


Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon