Contoh Pidato Singkat Calon Presma dalam Pemilihan Ketua BEM

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Pada artikel ini saya menulis contoh pidato singkat untuk calon PresMa (Presiden Mahasiswa) yang dapat digunakan dalam pemilihan ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Ini merupakan pidato yang berisi penjelasan visi misi calon ketua dan wakil BEM jika terpilih.

Berikut ini contoh pidatonya:

Hidup Mahasiswa...
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuhu.
Alhamdulillah wa syukurillah.
Pada hari ini kita sebagai mahasiswa universitas ... sebentar lagi akan melaksanakan pemilu raya mahasiswa dalam rangka memilih ketua dan wakil ketua badan eksekutif mahasiswa untuk periode 2017/2018.

Mahasiswa sebagai agent of change atau agen perubahan merupakan insan intelektual yang memiliki tugas untuk melakukan perubahan dalam segala aspek ke arah yang lebih baik.

Di sini kami berdiri, sebagai pasangan dari nomor ... kami akan menyampaikan visi misi dan program kami seandainya terpilih menjadi presiden dan wakil presiden mahasiswa periode 2017/2018.

Visi misi dan program tersebut tentunya direlevankan dengan visi misi kampus kita tercinta ini. Berawal dari panggilan hati melihat kondisi mahasiswa dan keadaan kampus yang membutuhkan "perbaikan", maka di sini kami mempunyai maksud untuk membawa BEM di kampus kita ini lebih baik dan menggerakkan mahasiswa agar "melek" berorganisasi, mengingat berorganisasi itu perlu dibiasakan sejak sekarang, karena kita sebagai agent of change mau tidak mau ketika keluar dari kampus akan bermasyarakat, dan untuk bisa bermasyarakat kita membutuhkan pengalaman berorganisasi.

Visi kami adalah mewujudkan insan akademis yang islami, memiliki intelektual tinggi, dan mampu membuat perubahan nyata dalam kehidupan.

Untuk mewujudkan visi tersebut maka misi yang dilakukan adalah:
#1 Melakukan kajian-kajian keilmuan melalui kegiatan-kegiatan seminar;
#2 Membudayakan shalat berjamaah, dan mengembangkan lembaga dakwah kampus;
#3 Melaksanakan berbagai studi kasus di internal kampus untuk mendapatkan pemecahan masalah;
#4 Melakukan kegiatan-kegiatan sosial di dalam dan di luar kampus;
#5 Melakukan pengorganisasian mahasiswa untuk menyadari pentingnya berorganisasi melalui kegiatan HIMA (Himpunan Mahasiswa) jurusan.

Itulah visi misi yang kami bawa sebagai dasar pembentukan program kerja BEM periode 2017/2018.

Jika ada yang ingin ditanyakan oleh rekan-rekan, bisa ditanyakan pada sesi tanya jawab yang disediakan oleh moderator kegiatan ini.

Mungkin untuk sementara ini cukup.
Terima kasih atas perhatiannya.
Hidup Mahasiswa...
Sekian. Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah itulah contoh pidato singkat calon presiden mahasiswa dalam pemilihan ketua badan eksekutif mahasiswa yang dapat disampaikan.
Semoga bermanfaat.


Mungkin Yang Kamu Cari:
     

Post a Comment for "Contoh Pidato Singkat Calon Presma dalam Pemilihan Ketua BEM"