Contoh Pidato Perpisahan Guru yang Pindah Sekolah

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Ini merupakan contoh pidato untuk guru yang akan pindah tugas/mengajar dari sekolah asalnya bekerja ke sekolah yang baru, sehingga guru tersebut menyampaikan kata perpisahan sebagai bentuk pamit kepada rekan kerja atau guru lainnya melalui sebuah pidato yang kami tulis di bawah ini.

Berikut ini contoh pidato perpisahannya:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Puji serta syukur mari kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa.
Alhamdulillah, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan jasmani dan rohani.
Semoga kita senantiasa ada dalam lindungan-Nya.

Salawat beserta salam semoga tetap dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam dan keluarganya, kepada sahabat dan para pengikutnya. Mudah-mudahan kita pun mendapatkan syafa'at darinya, kelak.

Bapak dan Ibu yang saat ini berada di ruang guru ini.
Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan surat yang berisi pernyataan bahwa saya dipindah tugaskan dari sekolah ini ke sekolah yang baru di luar kabupaten ini.

Dikarenakan saya belum mempersiapkan berkas-berkas untuk pindah sekolah pada waktu itu, dan pada hari ini semua berkas yang dibutuhkan kini sudah lengkap. Walaupun dengan "berat hati", jujur, saya sudah betah mengajar di sekolah ini. Namun, apa daya takdir berkehendak lain.

Oleh sebab itu, saya berdiri di depan Bapak dan Ibu Guru sekalian tiada lain hanya untuk mengucapkan kata perpisahan.

Terima kasih untuk semua kebaikan yang telah Bapak dan Ibu berikan kepada saya selama mengajar di sini.

Selain itu, beribu maaf juga saya sampaikan dengan segala kerendahan hati, mungkin selama tiga tahun bekerja di sini saya pernah berperilaku kurang mengenakan, atau mungkin pernah mengucapkan kata yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu, maka untuk itu saya memohon maaf dengan tulus.

Maukah kiranya Bapak dan Ibu memaafkan saya sebelum meninggalkan sekolah ini?
Alhamdulillah kalau Ibu dan Bapak mau memaafkan saya. Dengan begitu, saya dapat meninggalkan tempat ini dengan hati yang tenang dan tanpa beban.

Sekali lagi, terima kasih untuk semuanya.
Semoga ke depannya sekolah kita ini menjadi sekolah yang maju dan lebih baik dari tahun ke tahun. Aamiin...

Selamat tinggal Bapak dan Ibu Guru sekalian...
Saya tutup ucapan perpisahan ini dengan do'a.

Robbanaa Aatinaa Fiddunyaa Hasanah wa-Fil Aakhirati Hasanah wa-Qinaa 'adzaaban-naar.
Wassalaamu'alaikum wr. wb.

Demikian contoh pidato singkat yang dapat saya tulis dalam pos ini.
Semoga isinya bermanfaat.
Salam Pidato ID...


Mungkin Yang Kamu Cari:
     

Post a Comment for "Contoh Pidato Perpisahan Guru yang Pindah Sekolah"