Thursday, 14 June 2018

Contoh Pidato singkat tentang sahabat sejati

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Pidato ini membahas seperti apa sahabat sejati dan bagaimana cara menemukan sahabat yang sejati.

Contoh pidato:

Rekan-rekan yang saya hormati, persahabatan adalah salah satu wujud dari perilaku sosial. Sebagai makhluk yang tidak dapat hidup sendiri, sudah sewajarnya kalau kita memiliki sahabat.

Setiap orang pasti menginginkan sahabat yang benar-benar dapat diandalkan. Ketika dalam keadaan sulit, tentu seseorang ingin sahabatnya memberikan suport dan membantunya keluar dari permasalahan. Dengan demikian, teman itu dapat dikatakan sebagai sahabat sejati.

Sahabat sejati itu apa? Sahabat sejati adalah seorang atau banyak orang yang menjalin persahabatan dengan kita, mampu memberikan solusi bila kita mendapat masalah, selalu ada membantu saat kita kesusahan, dan mereka selalu mengingatkan ketika kita dalam kekhilafan.



Bila melihat kriteria sahabat sejati yang disebutkan tadi, tentu kita bertanya pada diri sendiri: Bagaimana cara menemukan sahabat seperti itu?


Untuk menemukan sahabat sejati, kita hanya perlu melihat dan memperhatikan perilaku sabahat kita sekarang. Apabila ketiga kriteri tadi dimiliki oleh teman kita saat ini, maka itulah sahabat sejati yang baik untuk kita.

Semoga ciri-ciri tadi dapat menuntun kita menemukan sahabat sejati.


Mungkin Yang Kamu Cari:

     


EmoticonEmoticon