Thursday, 14 June 2018

Contoh Ceramah Tahun Baru Islam

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.



Tema pidato yaitu: Membuka Lembaran Baru di Tahun Baru Islam untuk Menggapai Ridho Allah.

Contoh ceramah:

1. Bagian pembukaan (muqadimah);

Bismillahirrahmanirrohiim, Assalamu alaikum wr., wb.,
Alhamdulillahi rabbil alamin.. wabihi nasta'inu 'alaa umuriddunyaa waddiin wa 'alaa aalihii wasshohbihi ajma'iin. (bahasa arab yang dilatinkan).

Sebagai makhluk, sudah menjadi kewajiban kita untuk bersyukur kepada Allah SWT. Dengan sifat yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang-Nya, kita masih diberikan kesempatan untuk ber-silaturahmi, melangkahkan kaki untuk tholabul ilmi, dan melakukan kegiatan lain untuk mendapatkan ridho-Nya.

Salawat beserta salam, semoga selalu dicurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya dan para sahabatnya, dan mudah-mudahan kita pun mendapatkan syafaat di hari akhir, kelak.


2. Isi ceramah;

Hadirin yang mengharapkan ridho Allah, hari ini kita telah memasuki tahun baru Islam yang ke 1439. Tidak terasa, usia kita semakin hari semakin bertambah, dan itu secara haqiqiyah semakin bertambahnya usia artinya waktu hidup kita berkurang.

Sesuai ayat al Quran yang berbunyi: "wamaa kholaqtuljinna wal insa illa liya'buduun", artinya: "dan tidak diciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah".

Dari kutipan ayat tersebut, jelas sekali bahwa kita diciptakan ke bumi ini untuk beribadah. Manusia hadir di bumi ini hanyalah sebagai persinggahan sementara. Dunia ini hanyalah fana, sewaktu-waktu kita tidak tahu kapan kita meninggal, umur bukanlah tolak-ukur lama atau sebentar lagi kita hidup. Tidak sedikit, bayi yang baru lahir sudah meninggal dunia, dan banyak pula orang berumur 100 tahun masih hidup.

Apa artinya usia kita apabila kita tidak mempergunakannya dengan baik?

Oleh sebab itu, di tahun baru hijriyah yang bertepatan dengan 21 September 2017 ini, mari kita buka lembaran baru dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan yang kurang bermanfaat menjadi amal saleh demi menggapai ridho-Nya.

Hanya kita yang bisa mengubah kebiasaan kita sendiri. Dalam Ayat Quran disebutkan: “Innallaaha laa yughayyiru maa bi qoumin, hattaa yughayyiru ma bi anfusihim”, yang artinya: Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum, kecuali kaum itu yang mengubah dirinya sendiri".

Jelas sudah, ketika kita memiliki itikad atau niat baik untuk berubah menjadi lebih baik, maka kita sendiri lah yang mampu untuk mengubah diri sendiri.

3. Penutup;

Semoga di tahun baru ini kita dapat lebih meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT.


Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon