Thursday, 14 June 2018

Ceramah Mengenai Kewajiban Mencari Ilmu



Contoh ceramah Islami yang ditulis pada kesempatan ini yaitu mengenai kewajiban mencari ilmu untuk muslim. Ceramahnya dilengkapi hadist bahasa arab yang di-latin-kan. Anda bisa menggunakannya dalam mengisi kultum atau tausiah biasa di tempat Anda akan berceramah.

Silahkan membaca ceramah tentang kewajiban mencari ilmu itu di bawah ini.

Mukadimah:
Bismillahirrahmanirrahim, Assalaamu alaikum wr., wb., Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta'inu alaa umuri dunya waddiini, waalaa aalihi washshahbihi ajma'iin ammaa ba'du.

Puji serta syukur, mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah mengaruniai kita dengan berbagai kenikmatan. Mulai dari nikmat sehat dan yang lainnya, yang mungkin tidak dapat kita hitung jumlahnya. Salawat dan salam, semoga tetap dicurah-limpahkan kepada nabi Muhammad SAW, keluarganya, serta kepada para pengikutnya yang taat. Semoga kita tergolong umat yang taat dan berserah diri kepada Allah.




Isi ceramah:

Para hadirin yang mengharapkan ridho Allah..
Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Seperti dalam hadist disebutkan:

Tholabul 'ilmi fariidhotun 'alaa kulli muslimin wal-muslimat
Artinya:
Mencari ilmu itu wajib untuk setiap muslim laki-laki dan muslimah.

Selain bersifat wajib, ternyata Allah telah menjanjikan bahwa Allah akan mengangkat "derajat" orang yang berilmu. Akan tetapi, ilmu yang bagaimana yang bisa mengangkat kita? Yaitu ilmu yang bermanfaat.

Hadirin yang berbahagia..
Tidak ada batasan usia bagi kita ketika ingin mencari ilmu. Sebagaimana pernyataan yang menjadi dasar sebuah pendidikan yakni Long Life Education atau pendidikan sepanjang hidup. Itu sejalan dengan sebuah hadist yang bunyinya :

Tholabul ilmi minal mahdi ila lahdi
Artinya:
"Mencari ilmu itu wajib dari lahir hingga tutup usia".

Dengan demikian, pendidikan itu menjadi sangat penting bagi kita jika mengingat dua hadist yang disebutkan di atas.

Semoga dengan ceramah yang singkat ini kita semakin bersemangat dalam mencari ilmu, baik ilmu duniawi maupun ilmu untuk bekal di akhirat.

Aqulu qaoli hadza. Wassalamu alaikum wr., wb.,



Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon