Thursday, 14 June 2018

Contoh Pidato Sambutan dalam Kegiatan Reboisasi (Penghijauan Lingkungan)

Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

 Dalam artikel ini Anda dapat membaca contoh pidato yang bisa digunakan untuk sambutan pada kegiatan penghijauan atau penanaman kembali lahan "gundul" dalam program reboisasi yang dilakukan baik oleh dinas kehutanan RI dalam rangka mengurangi GRK (Gas Rumah Kaca) di atmosfer.

Ini dapat digunakan oleh kepala dinas PERHUTANI, mahasiswa pecinta alam, atau masyarakat (aktivis lingkungan hidup).

Berikut ini contoh sambutannya:



Selamat pagi dan salam sejahtera untuk Bapak-Bapak yang telah hadir pada kegiatan reboisasi yang kami selenggarakan hari ini. Salam lestari.

Pada kegiatan ini kita akan melakukan penanaman kembali tempat-tempat yang gersang dan memerlukan adanya pohon. Ini kita lakukan demi menjaga keseimbangan ekosistem di lingkungan kita. Lain daripada itu, telah kita ketahui bahwa di era modern seperti sekarang kendaraan bermotor semakin banyak. Keberadaannya tentu membawa dampak yang cukup parah untuk bumi kita, terutama emisi karbon dioksida dan monoksida yang dihasilkan dari proses penguraian bahan bakar oleh mesin kendaraan tersebut. Akibatnya bumi kita temperatur-nya menjadi semakin panas.

Dengan adanya penanaman pohon pada titik-titik (lokasi) yang tepat dapat mengurangi efek dari polusi, sehingga kestabilan alam dapat terjaga. Oleh sebab itu, kami menganggap program reboisasi ini penting untuk dilakukan.

Perlu kita ketahui juga, bahwa persediaan air tanah bisa cepat habis jika faktor pengikat air semakin berkurang.

Ada yang tau apa yang bisa mengikat dan menyediakan cadangan air di tanah?
Ya.. Tentu saja itu adalah pohon.

Jadi, menanam pohon itu bukan hanya bermanfaat dalam 1 hal saja. Banyak yang bisa kita ambil manfaatnya, di antaranya yaitu:
  • Tersedianya oksigen yang cukup
  • Persediaan air dalam tanah bisa awet. Maksudnya saat kemarau tiba, tempat kita tidak akan cepat mengalami kekeringan
  • Lingkungan lebih sejuk
  • Populasi hewan yang hidup di pohon tertentu dapat terjaga.
Betapa banyak manfaatnya, bukan?

Nah, kita kembali lagi pada pembicaraan semula.

Di hari yang cerah ini, kita akan mencoba peduli terhadap lingkungan.

Pada dasarnya ini juga merupakan kebutuhan kita sendiri, mengingat bahwa manusia, makhluk hidup lain, dan alam saling ketergantungan satu sama lainnya.

Setelah sambutan ini selesai, kita akan menuju pada tempat atau lokasi yang telah kami survei. Dan lokasi tersebut dianggap membutuhkan adanya pohon di sekitarnya.

Lokasi yang menjadi sasaran dari program reboisasi ini meliputi:
  1. Taman kota
  2. Pinggir-pinggir jalan, dan
  3. Tepi sungai.
Pada taman kota, kita akan menciptakan "paru-paru kota".
Pada pinggir-pinggir jalan, kita akan menanam pohon untuk mengurangi polusi dari kendaraan bermotor.
Dan pada tepi sungai, penanaman dilakukan untuk mencegah erosi.

Teknisnya, Bapak-Bapak di sini akan bekerja bersama kami. Dan yang hadir di sini akan dibagi menjadi tiga kelompok agar kegiatan yang kita lakukan cepat selesai.

Teknis lebih lanjut akan dijelaskan oleh masing-masing tim yang kami tunjuk untuk memandu kegiatan ini.

Semoga kegiatan yang kita lakukan hari ini menjadi catatan amal baik yang bernilai pahala.

Sekian sambutan yang dapat saya sampaikan selaku ketua pelaksana kegiatan reboisasi ini.
Selamat bekerja...


Mungkin Yang Kamu Cari:
     


EmoticonEmoticon